smp n mrebet
Pawarta

Ini Sekolah Adiwiyata Terbaik di Kabupaten Purbalingga

BRALING.COM, PURBALINGGA – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Purbalingga menetapkan delapan Sekolah Adiwiyata di Kabupaten Purbalingga Tahun 2018. Mereka terpilih dari 14 sekolah yang ikut penilaian Sekolah Adiwiyata.

DLH PUrbalingga memilih SD Neger 1 Limbasari sebagai Juara 1 Sekolah Adiwiyata Kabupaten tingkat sekolah dasar. Ada empat sekolah dasar yang masuk ke tim penilaian sekolah adiwiyata.

Sementara Sekolah Adiwiyata Tingkat SMP di Kabupaten Purbalingga di tingkat pertama ada SMP Negeri 1 Mrebet. Kemudian, Juara 2 adalah SMP Negeri 1 Padamara dan SMP Negeri 1 Karangmoncol sebagai Juara 3.

Kepala Bidang Pengelolaan Sampah, Limbah Bahan Berbahaya Beracun (B3) & Peningkatan Kapasitas Lingkungan Hidup (PSLB3 dan PKLH) pada DLH Purbalingga, Sukirto menjelaskan informasi tersebut, Kamis 4 Oktober 2018.

“Selanjutnya untuk kategori SMA/SMK ditetapkan hanya satu sekolah yang memenuhi kriteria penilaian yang disyaratkan yaitu SMK Negeri 1 Bojongsari,” Sukirto menjelaskan dalam keterangan pers Dinkominfo Purbalingga.

Sukirto menuturkan penilaian sekolah adiwiyata sebenarnya tidak untuk dilombakan melainkan hanya untuk memenuhi kriteria penilaian. Sehingga untuk sekolah yang memang tidak memenuhi kriteria nilai yang disyaratkan tidak bisa dijadikan sebagai sekolah adiwiyata.

“Seperti SD, hanya SDN 1 Limbasari yang menjadi juara padahal ada tiga sekolah lainnya yang dinilai, hal ini karena sekolah lain tidak mencapai nilai yang menjadi syarat sekolah adiwiyata kabupaten sehingga yang kita tetapkan hanya SD N 1 Limbasari yang memenuhi syarat dan dijadikan sebagai juara 1 lomba ini,” jelas dia.

Sukirto menjelaskan sekolah yang sudah ditetapkan sebagai sekolah adiwiyata kabupaten dapat terus mengembangkan sekolahnya agar penilaian bisa bertambah untuk bisa diajukan pada sekolah adiwiyata provinsi.

Ia juga berharap ke depan sekolah yang telah ditetapkan sebagai sekolah adiwiyata kabupaten dapat menjadi contoh bagi sekolah lain agar mampu mewujudkan sekolah yang memiliki kepedulian terhadap lingkungan.

“Karena lingkungan sekolah yang sehat, ramah dan nyaman tentunya bisa menunjang proses pembelajaran di sekolah,” kata Sukirto.

BANGKIT WISMO

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.