Desa Onje
Pawarta Plesir

Peserta Kemah Budaya 2018 Jelajah Situs Purbakala di Onje

BRALING.COM, PURBALINGGA – Peserta Kemah Budaya Purbalingga menjelajahi berbagai macam situs dan cagar budaya yang ada di Desa Onje, Kecamatan Mrebet. Peserta Kemah Budaya yang digelar Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Purbalingga berjumlah 146 peserta.

Mereka diajak untuk mengenal dan memahami berbagai macam cagar budaya yang sudah ada sejak ratusan tahun silam. Jelajah situs cagar budaya di Desa Onje didampingi tokoh masyarakat.

“Kemah budaya disini sangat membantu kami karena generasi penerus ini nantinya bisa lebih meningkatkan kecintaannya terhadap budaya yang ada,” jelas Muhammad Khairudin.

Muhammad Khairudin berharap, Kemah Budaya dapat kembali dilakukan di Desa Onje, dengan begitu akan lebih banyak generasi penerus yang mengenal situs cagar budaya yang di Desa Onje.

“Karena tujuan utamanya kan supaya sejarah dan budaya yang kita miliki ini tidak hilang, kemudian mereka juga bisa menghidupkan lagi dalam arti anak-anak muda tidak hanya mengenang sejarah dan budaya tapi bisa menjadi pelaku budaya,” kata dia.

Peserta Kemah Budaya 2018 mengunjungi Makam Adipati Onje, arca batu, jojok telu atau kedung pertelu yang merupakan pertemuan tiga sungai yakni Sungai Paku, Sungai Paingan, dan Sungai Tlahab.

Peserta juga diajak untuk mengamati situs purbakala batu dakon, Makam Raden Sayyid Kuning dan tentu saja diajak untuk mengenal tentang Masjid Sayyid Kuning di Desa Onje.

“Jelajah ini memang diadakan jelajah ke setiap cagar budaya yang ada di wilayah Desa Onje agar anak-anak tahu situs-situs yang ada di Desa Onje,” kata Kasi Cagar Budaya, Permuseuman dan Sejarah pada Dindikbud Kabupaten Purbalingga, Sudino, 10 Oktober 2018.

BANGKIT WISMO

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.