PMI Purbalingga
Pawarta PMI

PMI Aktif Membantu Penemuan Korban Gempa Bumi di Sulawesi

BRALING.COM, PURBALINGGA – Evakuasi pencarian korban tewas tertimpa bangunan akibat gempa bumi 7,4 SR yang melanda Donggala, Palu dan Sigi pada Jumat 28 September 2018 masih berlangsung. Tim Palang merah Indonesia (PMI) juga aktif dalam proses evakuasi.

Kamis, 4 Oktober 2018, Tim PMI fokus mencari jenazah perawat RS. Ananta Pura Palu yang tertimpa reruntuhan bangunan Rumah Sakit. Sebab, ada informasi pihak rumah sakit bahwa masih ada korban meninggal yang belum di evakuasi dari reruntuhan rumah sakit.

Posko Penanggulangan Bencana PMI untuk Donggala, Palu dan Sigi mendapatkan informasi bahwa salah seorang perawat ada yang belum ditemukan dan sempat mengirim pesan seusai kejadian gempa bumi melalui sms bahwa dirinya berada dibalik reruntuhan bangunan lantai 3.

Akan tetapi, posisinya sangat sulit diangkat, akhirnya perawat yg identitasnya belum diketahui tersebut meninggal dunia setelah 3 hari bertahan disela-sela beton bangunan.

Humas PMI Pusat menjelaskan dalam keterangan pers yang diterima Braling.com, Tim Evakuasi PMI butuh waktu lama untuk bisa menemukan jenazah tersebut. Sebab kurangnya peralatan yang memadai menyulitkan untuk mengangkat jenazah.

Dijelaskan bahwa, setelah berhasil membongkar bongkahan beton, akhirnya jenazah berhasil dikeluarkan dan langsung dimasukkan kedalam kantong jenazah.

Menurut Kordinator Tim Evakuasi PMI Syamsul Bahri, diduga masih banyak korban tewas yang belum bisa dievakuasi dibalik reruntuhan bangunan rumah sakit. Kurangnya alat berat untuk menghancurkan puing-puing beton, mengakibatkan lamanya proses evakuasi.

Syamsul Bahri berharap pemerintah segera memperbanyak menyediakan alat berat untuk mengangkat korbam meninggal dari balik reruntuhan bangunan dan longsoran lumpur.

Menurut rencana, Tim Evakuasi PMI akan kembali mencari korban yang diduga tertimbun lumpur di Petobo Dewi Sartika Palu Selatan. Sebab menurut informasi dari lurah setempat, bahwa dari 8.000-an warganya, masih ada 30 persen yang belum ditemukan.

PMI Purbalingga juga turut aktif dalam membantu penanganan korban bencana alam di Donggala, Palu dan Sigi. Salah satunya dengan menerima dan mengirimkan bantuan dari warga Purbalingga ke pada korban.

BANGKIT WISMO

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.