Pawarta Pilihan

Purbalingga Luncurkan Dua Aplikasi, Ini Link Downloadnya

BRALING.COM, PURBALINGGA – Plt Bupati Purbalingga, Dyah Hayuning Pratiwi telah meluncurkan dua aplikasi berbasis web bernama Matur-Bup dan Purbalingga Satu Data. Aplikasi ini diharapkan bisa meningkatkan kualitas layanan publik di Purbalingga.

Aplikasi Matur-Bup merupakan aplikasi pengaduan masyarakat sedangkan aplikasi Purbalingga Satu Data merupakan aplikasi data sektoral dari masing-masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

“Pada era keterbukaan informasi publik, masyarakat bisa ngomong apa saja tentang kinerja pemerintah di media sosial. Dengan adanya aplikasi Matur-Bup tersebut, laporan-laporan masyarakat lewat media sosial yang tidak tertata, nantinya bisa fokus di aplikasi tersebut,” kata Plt Bupati Tiwi, 1 Oktober 2018.

Hadirnya aplikasi itu disebut sebagai wujud Visi dan Misi Pemerintah Kabupaten Purbalingga. “Lewat aplikasi Matur-Bup, masyarakat tidak perlu langsung bertemu dengan saya, tapi lewat aplikasi tersebut bisa langsung ngomong dengan kami,” kata Tiwi.

“Insyaallah saya langsung menjadi admin sehingga permaslahan yang ada bisa langsung kita disposisikan kepada kepala OPD untuk ditindaklanjuti,” sambung Tiwi.

Tiwi juga meminta komitmen kepada seluruh kepala OPD terhadap dua aplikasi tersebut. Kepala OPD diharapkan tidak melepas pengelolaan aplikasi ke admin semata, namun juga bisa memantau langsung.

Kata Plt Bupati Purbalingga Tiwi dalam siaran pers Dinkominfo Purbalingga, dalam satu kali 24 jam, keluhan masyarakat harus dijawab atau ditindaklanjuti kalau bisa di cek lokasinya.

Kepala Dinas Informasi dan Komuikasi (Dinkominfo) Purbalingga Sridadi berkata, Dinkominfo telah mengusulkan peraturan bupati tentang Standar Operasional Prosedur (SOP) penggunaan 2 aplikasi tersebut.

Berikut ini adalah link download dua aplikasi tersebut. Klik di Matur-Bup dan Purbalingga Satu Data.

BANGKIT WISMO

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.