Pawarta

SMP Negeri 1 Mrebet Menggelar Pilketos

BRALING.COM, PURBALINGGA – SMP Negeri 1 Mrebet menggelar Pemilihan Ketua dan Wakil Ketua OSIS (Pilketos) periode 2018/2019, 12 Oktober 2018. Seluruh siswa mengikuti agenda tahunan yang juga digunakan sebagai saranapendidikan politik siswa tersebut.

“Selain sebagai pendidikan politik dini dalam sistem pemilihan umum yang biasa diselenggarakan dalam memilih pemimpin, baik kepala daerah maupun legislatif atau Pilpres, kegiatan Pilketos juga untuk mempersiapkan diri siswa sebagai generasi pemimpin muda yang berakhlak mulia dan berkarakter baik,” kata Kepala SMP N 1 Mrebet, Bambang Riadiyanto SPd.

Pemilihan ketua OSIS dalam pelaksanaannya didesain menyerupai pemilihan kepala daerah atau pilpres yang diadakan oleh KPU. Agenda ini diawali dengan Kampanye dan Penyampaian Visi Misi yang dilaksanakan di lapangan upacara.

Masing-masing pasangan calon secara bergantian menyampaikan visi dan misi. Setelah itu setiap siswa bergantian memberikan hak suaranya dimulai dari kelas VII sampai dengan kelas IX. Ada tiga bilik suara yang disediakan.

Usai proses pencoblosan dilanjutkan dengan penghitungan suara, dan pasangan Nomor 1 atas nama Yesica Tanzilan-Rangga Triandika meraih suara terbanyak yakni 342 suara. Pasangan nomor urut 1 ini menjadi pemenang Pilketos.

Mereka mengalahkan Pasangan Nomor Urut 2 yakni Khairinnisa Oktaviana-Ananda Laura Lita (292 suara) dan Pasangan Nomor Urut 3 yakni Farah Destriana-Alfiana Hidayah (89 suara).

Bidang Kesiswaan SMP Negeri 1 Mrebet, Agus Triono SSi berkata, pasangan calon yang tidak terpilih akan tetap masuk dalam kepengurusan OSIS. “Mereka semua yang masuk dalam kepengurusan OSIS dalam waktu dekat akan digembleng melalui Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) sebelum secara resmi dilantik,” jelas Agus.

BANGKIT WISMO

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.