batik khas purbalingga
Pawarta

Juara Lomba Desain Batik Wayang Suket Khas Purbalingga

BRALING.COM, PURBALINGGA – Setelah mengenalkan motif Batik Lawa, Pemerintah Kabupaten Purbalingga mencoba mengangkat wayang suket menjadi salah satu motif batik khas Purbalingga.

Upaya itu salah satunya dilakukan melalui Lomba Desain Motif Batik bertema ‘Wayang Suket’. Lomba ini diinisiasi Dekrenasda dan Bagian Perekonomian Setda Purbalingga dalam rangka Hari Batik 2018.

Lomba itu dimenangkan oleh Wiwit Cahyani, siswi SMA Negeri 1 Rembang yang mengusung motif bertajuk Brata Lumbon Pangarep. Desain dibuat menggunakan desain digital dengan tiga wayang suket bercorak kuning kemerah-merahan disertai pepohonan hijau dan latar kecoklatan.

Juara 2 diraih Ristianti  dari SMAN 1 Bukateja dan Juara 3 diraih Sylvia Ratna Sari Dewi asal Kalapacung RT 2 RW 2, Bobotsari. Kemudian Juara harapan 1 – 3 masing-masing oleh Arih Oviana Putri Kusuma, Yoga Prabowo dan Mufti Nur Rosyid.

Kepala Bagian Perekonomian Setda Purbalingga, Edhy Suryono menjelaskan syarat utama penilaian lomba desain motif batik ini yakni harus motif wayang suket. Kemudian, dinilai kesesuaian motif dan keserasian corak dan bisa diaplikasikan menjadi pakaian.

Namun dari 101 peserta yang mendaftar, banyak yang belum mengetahui bentuk wayang suket. “Sehingga masih secara umum yaitu wayang kulit, nah ini yang paling utama dinilai adalah motifnya dulu yaitu motif wayang suket,” imbuhnya.

“Motif batik ini nanti bisa dipakai menjadi motif kain yang digunakan untuk baju atau hem baik untuk warga Purbalingga maupun bagi masyarakat secara umum,” ujarnya.

Ia menuturkan pembuatan desain motif batik baik secara manual maupun digital tidak mengurai dari segi penilaian. Yang menjadi penilaian utamanya adalah desain motif sesuai dengan tema dan hasil akhir desain motif batiknya.

“Yang kami nilai adalah hasil akhirnya bahwa mereka punya desain motif batik dengan tema wayang suket. Jadi bagaimana mereka mengaplikasikan untuk memakai teknologi atau masih manual itu tidak masuk penilaian,” jelas Edhy.

BANGKIT WISMO

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.