Pawarta

SMP Negeri 1 Bukateja Menggelar Pilketos Secara Online

BRALING.COM, PURBALINGGA – Ada yang seru dalam Pemilihan Ketua OSIS (Pilketos) di SMP Negeri 1 Bukateja. Jika biasanya pemungutan suara dalam Pilketos digelar dengan cara mencoblos kertas, nah di SMP Negeri 1 Bukateja ada proses pemungutan suara secara digital.

Pilketos yang digelar Sabtu, 17 November 2018, digelar dengan sistem online. Pemilihan secara online ini dilaksanakan Laboratorium Komputer. Caranya, para pemilik suara cukup klik gambar calon ketua OSIS.

“Melalui Pilketos Online ini, kami ingin mengenalkan sejak dini tentang Information and Communication Technologies (ICT). Bahwa Pilketos model Online memiliki keunggulan, yakni proses dan pelaksanannya lebih cepat, akuntabel dan kredibel,” jelas Kepala SMPN 1 Bukateja, Candra Irawati SPd.

Pilketos di SMPN 1 Bukateja diikuti tiga calon Ketua Osis. Yakni calon nomor 1 Fadlan Bayu Fadillah, No 2 Bella Nurhandini dan No 3 Achmad Raenaldy MWP. Guru, karyawan dan siswa terlibat dalam Pilketos Online ini.

“Kalau biasanya yang saya tahu, Pemilu maupun Pilketos dimanapun, kita mencoblos gambar calon maupun mencontreng dengan alat tulis. Namun kal ini saya harus mengeklik. Ini asyik, dan betul-betul pengalaman baru,” ujar Bella Nurhandini, yang berhasil meraih suara terbanyak.

Untuk mensukseskan Pilketos Online ini, sekolah menggandeng Komisi Pemilihan Umum (KPU) Purbalingga. Sebelum Pilketos  digelar, ada sosialisasi dari komisioner KPU tentang makna demokrasi dalam Pemilu, termasuk Pilketos.

Candra Irawati menjelaskan, sebelum memilih, siswa harus melakukan registrasi pada petugas. Selanjutnya siswa mendapatkan kartu pemilih yang berisi username dan password.

Kemudian, mereka masuk ke bilik suara yang telah diisi dengan komputer yang tersambung dengan jaringan server lokal. Pemilik suara kemudian elakukan registasi dan kemudian muncul foto calon ketua OSIS dan visi-misinya.

“Di sini, siswa memilih calon Ketua Osis dengan cara “mengeklik” tombol pilih yang ada di bawah foto calon ketua Osis. Selanjutnya akan muncul tampilan konfirmasi,’Yakin’ atau ‘Tidak’,” ujarnya.

Setelah selesai memilih,siswa menekan tombol Log out, dan langsung terlihat dilayar komputer hasil penghitungan suara. “Kami menggunakan 12 komputer untuk Pilketos online ini,” imbuh, Suwarliningsih Chasijati SPd, Waka Kesiswaan SMPN 1 Bukateja.

BANGKIT WISMO

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.