Pawarta

Ada Bus Sekolah di Purbalingga, Ini Rencana Rutenya!

BRALING.COM, PURBALINGGA – Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan memberikan bantuan satu unit bus sekolah kepada Dinas Perhubungan (Dinhub) Purbalingga.

“Bus sekolah bantuan Kemenhub ini merupakan hasil pengajuan dari Dinhub Purbalingga dimana nanti pengoperasiannya mengutamakan pada jalur-jalur yang belum terlayani oleh angkutan umum,” kata Imam, 10 Desember 2018.

Purbalingga baru dapat satu unit bus karena di Purbalingga keberadaan bus sekolah masih dalam tahapan uji coba. “Sistem pengoperasian kan penting, sampai ke jalur, rute dan bagaimana subsidi dari Pemkab,” lanjutnya.

Imam menjelaskan, bus tersebut akan digunakan sebagai angkutan perintis, untuk mengangkut siswa yang tempat tinggalnya belum dilalui angkutan umum. Operasional bus sekolah diharapkan dapat membantu siswa yang kurang mampu.

Selain itu, lanjut Imam, juga mengurangi pelanggaran penggunaan sepeda motor oleh pelajar. “Sehingga membiasakan pelajar untuk naik angkutan umum ke sekolah, dengan demikian bisa mengurangi kepadatan dan kemacetan lalu lintas di Purbalingga,” jelas Imam.

“Sementara ini belum bisa menjangkau wilayah terpencil masih melewati perkotaan, melihat  ukurannya ini kan belum bisa ke desa-desa kalau desa barangkali modelnya atau nanti SOPnya itu akan beda,” jelas Imam lagi.

Rencananya, rute operasional bus tersebut yakni Terminal Jompo – Jalan Mayjen Sungkono – Pasar Segamas – Jalan Letnan Yusuf – Babakan – Perempatan Karangsentul – SMA Negeri 1 Purbalingga – Alun-Alun Purbalingga.

“Selanjutnya kita lewatkan bus sekolah ini ke jalan-jalan yang ada di situ yang terdapat sentra pendidikan, konsepnya seperti itu tapi untuk operasional sendiri nanti kami akan minta masukan dari Organda,” sambung Imam.

Fasilitas bus yakni ada terdapat full AC, full Music kemudian ada sabuk pengaman di semua tempat duduknya. Bus sekolah ini memiliki 26 tempat duduk, kemudian juga disediakan 10 pegangan yang dikhususkan bagi penumpang yang berdiri. Moda transportasi ini ditargetkan mulai beroperasi pada akhir Desember 2018.

BANGKIT WISMO

Tebarkan braling
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *