Pawarta Plesir

Hore! Purbalingga Punya Pusat Oleh-oleh

BRALING.COM, PURBALINGGA – Purbalingga akhirnya memiliki Pusat Oleh-oleh khas Purbalingga. Pusat oleh-oleh ini yang dibangun di Rumah Makan Bale Apoeng  ini bernama “Bale Agung” dan dikelola PD Owabong.

Pusat oleh-oleh ini diharapkan bisa meningkatkan minat wisatawan terhadap kuliner dan produk UMKM Purbalingga. “Banyak dari wisatawan yang berkunjung ke tempat wisata di Purbalingga, mereka beli oleh-olehnya di Sokaraja,” kata Direktur PD Owabong, Hartono.

“Oleh karena itu dengan diresmikannya Bale Agung ini diharapkan dapat sebagai sarana promosi dan penjualan dari produk-produk khas Purbalingga kepada para wisatawan,” kata Hartono menambahkan.

“Sementara ini baru ada 35 pelaku UMKM yang bermitra dengan kami, kami tentunya masih menyediakan space bagi para pelaku UMKM untuk mengisi produknya di sini agar dapat terjangkau wisatawan,” lanjutnya.

Plt Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi berharap Pusat oleh-oleh khas Purbalingga “Bale Agung” dapat menjadi wadah promosi  produk lokal dan dapat menjadi sarana pemasaran produk khas Purbalingga.

“Harapannnya para biro wisata dapat mengarahkan para wisatawan yang berkunjung ke Purbalingga untuk dapat singgah di Bale Agung ini,” kata Tiwi seraya menyebut pusat oleh-oleh sudah menjadi destinasi wisata kuliner di banyak tempat.

“Ada faktor 3A yang dapat menentukan suksesnya pariwisata di suatu daerah, yaitu AccessibilityAttractive, dan Amenity,” kata Plt Bupati Purbalingga, Dyah Hayuning Pratiwi.

Accessibility yaitu ketersediaan jalan ke tempat wisata, dimana pusat oleh-oleh ini berada di jalan akses menuju ke beberapa destinasi wisata, kemudian Attractive yaitu bagaimana destinasi wisata yang ada di Purbalingga dapat menarik para wisatawan.

“Dan yang terakhir Amenity yaitu ketersediaan sarana pendukung seperti hotel, rumah makan, dan tentunya pusat oleh-oleh seperti di Bale Agung ini,” jelas Tiwi.

BANGKIT WISMO

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.