Pawarta

Mengenal Konsep Spendak Wispalingga dari SMP Negeri 2 Karangreja

BRALING.COM, PURBALINGGA – SMP Negeri 2 Karangreja siap berlaga dalam Lomba Sekolah Adiwiyata Tingkat Nasional. Sekolah ini mengandalkan konsep SMP Negeri 2 Karangreja Wisata Pendidikan Adiwiyata Purbalingga alias Spendak Wispalingga dalam perlombaan tahunan ini.

SMP Negeri 2 Karangreja, Riswanto menjelaskan, konsep Spendak Wispalingga ini menggabungkan konsep sekolah adiwiyata dan wisata edukasi. Terutama melalui pemanfaatan lahan dan limbah.

“Kami punya mimpi sekolah ini menjadi tujuan wisata edukasi tentang pemanfaatan lahan atau pun pemanfaatan limbah. Kami ingin sekolah-sekolah di Purbalingga menengok ke sini guna melihat apa yang telah kami lakukan sehingga kami menjadi sekolah adiwiyata,” kata Riswanto menjelaskan.

SMP Negeri 2 Karangreja telah menjadi Sekolah Adiwiyata Tingkat Provinsi Jawa Tengah. Sekolah ini awalnya terlihat apa adanya dan terkesan kumuh, namun diubah menjadi nyaman dalam waktu 18 bulan.

Konsep Spendak Wispalingga tidak membutuhkan dana banyak. Karean berprinsip pada pemanfaatan lahan dan bahan baku yang ada di lingkungan sekolah. Kini, setidaknya sudah ada 10 sekolah yang datang melakukan studi banding ke sekolah tersebut.

“Dulu sekolah kami ditertawakan ketika baru akan merintis sekolah adiwiyata. Sekarang banyak sekolah yang melakukan study banding ke sekolah ini,” sambung Riswanto kepada wartawan.

BANGKIT WISMO

One thought on “Mengenal Konsep Spendak Wispalingga dari SMP Negeri 2 Karangreja”

  1. Selamat👍 dan lestarikan.
    Jaga bumi, jaga martabat generasi; jangan sebaliknya.
    Salam sehat, salam hijau🙏👌

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.