pmi purbalingga ke lombok
Pawarta Pilihan PMI

Relawan PMI Purbalingga ke Lombok, Casmari: Yang Penting Ikhlas

BRALING.COM, PURBALINGGA – Palang Merah Indonesia (PMI) Purbalingga mengirimkan lima orang relawan untuk bergabung dengan tim PMI Jateng membantu penanganan pascabencana di Lombok.

PMI Purbalingga memilih Suirwan, Casmari, Widi, Panca dan Tomi untuk berangkat ke Lombok. Tim relawan dari Purbalingga membantu pembangunan hunian sementara atau huntara selama periode November 2018.

Kepada Braling.com, Casmari bercerita pengalamannya membantu korban bencana alam di Lombok beberapa waktu lalu. “Kami membangun huntara untuk kelompok rentan. Seperti lansia, janda dan keluarga yang punya anak-anak,” jelas Casmari.

relawan pmi ke lombok
Tim Relawan PMI Purbalingga bersama korban bencana alam di Kabupaten Lombok Utara di depan huntara.

Tim relawan dari PMI Jateng ditarget pembangunan 40 huntara, yang dibebankan pada tiga tim. Tim relawan dari Purbalingga berhasil membuat 8 huntara untuk korban bencana alam, 4 huntara untuk relawan dan 2 pos sekuriti.

Kata Casmari, selain karena sudah terbiasa dalam bekerja membangun rumah. “Selian itu karen akekompakan tim dan perhitungan yang sudah matang. Jadi, selain tidak ada waktu terbuang, juga tidak ada material terbuang percuma,” jelas Casmari.

Karena kekompakan dan kinerja yang apik, relawan dari Purbalingga jadi dieman oleh tim posko. “Kami mendapatkan inventaris sepeda motor roda tiga dari posko untuk mobilisasi, sementara yang lain tidak mendapatkan fasilitas khusus ini,” kata Casmari.

Apakah bekerja menjadi relawan di daerah bencana itu susah? “Tidak ada kesulitan. Yang penting ikhlas,” kata Casmari yang berusia 41 tahun.

Pengalaman di Kabupaten Lombok Utara, menurut Casmari menambah semangat tim relawan PMI Purbalingga, khususnya tim sibat. Terlebih, setelah melihat semangat yang luar biasa dari masyarakat Lombok untuk bangkit dari keterpurukan.

“Tidak lama setelah bencana alam, mereka sudah membuat tenda. Karena menurut mereka, rumah yang roboh tidak bisa beridri lagi kalau cuma dipandangi saja. Mentalnya, luar biasa,” kata Casmari yang tinggal di Dusun Kaliputat, Desa/Kecamatan Karanganyar.

BANGKIT WISMO

Tebarkan braling
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *