BRALING.COM, PURBALINGGA – Sekretariat Daerah (Setda) Purbalingga menyediakan pojok baca elektronik di Ruang Tunggu Lantai 1 Setda Gedung B. Mau baca di sana?

Pojok baca e-book yang disediakan Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Purbalingga ini tidak hanya bisa diakses Aparatur Sipil Negara (ASN) Setda Purbalingga, namun juga masyarakat yang berkunjung ke Setda Purbalingga.

Pegawai Dinarpus Purbalingga, Achmad Sirojudin mengatakan, di pojok baca ini ada dua unit komputer yang telah diinstal aplikasi Elektronik Buku Purbalingga alias E-Bangga. Namun, juga ada buku yang tersedia di rak.

“Pojok baca ini untuk umum mereka bisa menggunakan ketika mereka nunggu, mungkin kepengin baca-baca buku disitu kan ada pilihan ada buku elektronik yang E-Bangga maupun buku fisik yang di rak buku,” jelas Sirojuddin.

Dijelaskan, Pojok Baca Elektronik ini disediakan guna menjadi pilihan bagi ASN maupun masyarakat ketika berkunjung atau menunggu di Setda Purbalingga untuk membaca buku.

Dan membaca buku tidak harus di perpustakaan atau membaca secara fisik bukunya melainkan dapat menggunakan pilihan E-Bangga untuk membaca buku elektronik.

“Misalnya, saya ingin membaca buku elektronik, dan buku elektronik seperti itulah E-Bangga kita sediakan sebagai pilihan bagi masyarakat di dalam mengakses perpustakaan,” kata Sirojudin.

Sebagai informasi, aplikasi E-Bangga dapat diunduh di android. E-Bangga ini sudah tersedia di playstore sejak setahun lalu dan diunduh bagi para pengguna android.

Sayangnya aplikasi ini belum begitu dikenal oleh masyarakat luas khususnya masyarakat Purbalingga. Hal ini dikarenakan sosialisasi yang belum menyeluruh ke seluruh elemen masyarakat.

BANGKIT WISMO