imb purbalingga
Pawarta

Begini Cara Pemutihan IMB di Kabupaten Purbalingga

BRALING.COM, PURBALINGGA – Memiliki rumah di Kabupaten Purbalingga akan tetapi belum memiliki Izin Mendirikan Bangunan (IMB)? Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) menyiapkan solusi mudahnya.

Yakni melalui mekanisme pemutihan IMB yang disiapkan Pemerintah Kabupaten Purbalingga. Payung hukum pemutihan IMB bagi rumah yang belum memiliki IMB adalah Peraturan Bupati (Perbup) No 82 tahun 2017.

“Ada kemudahan yaitu pemutihan IMB sesuai Perbup No 82 tahun 2017 yang aturan induknya yaitu Perda No 19 tahun 2012 tentang pemutihan IMB,” kata Plt Kepala DPMPTSP Purbalingga, Mukodam.

Aturannya mengikuti pemutihan IMB juga relatif mudah dan dibagi dalam tiga kategori. Yakni untuk rumah yang dibangun sebelum tahun 2004, hanya wajib membayar retribusi sebesar 60% dari tarif retribusi IMB reguler.

Kemudian untuk rumah yang dibangun dari tahun 2004-2012 hanya wajib membayar 70% dari tarif reguler. Sementara untuk rumah yang dibangun 2013-2015 hanya wajib membayar 20% dari tarif reguler.

“Saya kira kemudahan ini sayang kalau tidak dimanfaatkan ya. Karena biaya reguler di Purbalingga itu masih relatif terjangkau dibanding dengan kabupaten-Kabupaten lain,” kata Mukodam.

Mukodam menggarisbawahi selama Perbup tersebut belum dicabut, aturan tentang pemutihan IMB akan terus berlaku. Pemkab Purbalingga juga belum akan memberikan sanksi kepada pemilik rumah yang belum memiliki IMB.

Mukodam kemudian mengingatkan pentingnya memiliki IMB. Terutama jika ingin mengajukan pinjaman kepada perbankan. Rumah yang memiliki IMB disebutnya lebih bankable. “Yang ber-IMB akan lebih mudah dalam mengurus sesuatu termasuk dengan perbankan,” ucapnya.

BANGKIT WISMO

Tebarkan braling
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *