BRALING.COM, PURBALINGGA – Palang Merah Indonesia (PMI) Purbalingga semakin optimis bisa memberikan respon cepat dan tepat kepada korban bencana alam yang berada di kawasan terisolir atau susah dijangkau.

Hal ini karena, PMI Purbalingga telah memiliki armada khusus untuk daerah yang susah dijangkau. Yakni berupa motor Kawasaki KLX BF 150. Motor off road ini ada dua unit.

Sekretaris PMI Purbalingga, M Ichwan mengatakan, selama ini, ketika terjadi bencana alam di Purbalingga, lokasi bencana menjadi sulit untuk dijangkau, menjadi lebih ekstrim saat dilewati oleh relawan.

Situasi ini juga dialami relawan PMI Purbalingga saat membantu penanganan pascabencana di Banjarnegara dan Brebes, di tahun 2018 lalu. “Relawan harus jalan kaki lumayan jauh karena longsor memutus akses jalan raya,” kata M Ichwan.

Sepeda motor off road ini, jelas M Ichwan, akan menjadi armada operasional, khususnya terkait pelayanan darurat dan pascabencana di wilayah Purbalingga. “Sehingga aksi tanggap bencana bisa dilakukan dengan cepat,” kata dia.

BANGKIT WISMO