Bupati Purbalingga
Pawarta

Plt Bupati Purbalingga Ajak Masyarakat Makan Buah

BRALING.COM, PURBALINGGA – Plt Bupati Purbalingga, Dyah Hayuning Pratiwi mengajak masyarakat Purbalingga, khususnya warga Kecamatan Mrebet untuk rajin makan buah.

Ajakan itu disampaikan Plt Bupati Tiwi saat acara Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) yang diselenggarakan Puskesmas Serayu Larangan, di Lapangan Desa Pagerandong, Rabu 20 Februari 2019.

“Rutin mengonsumsi buah dan sayuran adalah salah satu pesan Germas bapak dan ibu. Buah dan sayur ini memiliki banyak manfaat diantaranya adalah sumber utama antioksidan,” kata Plt Bupati Tiwi.

“Buah dan sayur mampu mengatasi radikal bebas yang ada di dalam tubuh, selain itu buah dan sayur mampu mencegah berbagai penyakit seperti kanker, jantung koroner, mencegah obesitas, dan melancarkan pencernaan,” imbuh Tiwi.

Pola hidup sehat penting dilakukan di masa dimana terjadi transisi epidemiologi atau pergeseran pola penyakit, seperti sekarang ini. “Dulu, mayoritas kematian disebabkan oleh penyakit menular, tetapi sekarang mayoritas kematian disebabkan justru oleh penyakit tidak menular seperti jantung dan stroke,” kata Tiwi.

“Oleh karena itu saya kembali mengingatkan kepada bapak ibu untuk menjalankan 4 pesan germas, karena kesehatan adalah prioritas utama. Ketika tubuh kita sehat, kita tentunya bisa lebih produktif dan bisa menjalankan aktivitas dengan baik,” kata Tiwi menambahkan.

Ada 4 pesan Germas yang perlu dilaksanakan. Yakni, melakukan aktivitas fisik minimal 30 menit setiap hari. Mengkonsumsi buah dan sayuran. Cek kesehatan secara teratur terkait asam urat, gula darah, kolesterol dan lain-lain. “Keempat istirahat cukup dengan prilaku hidup bersih yakni menghindari rokok,” lanjut Tiwi.

Dalam acara tersebut terdapat pula rehab RTLH milik Gianto, warga RT 1 RW 3 sebesar 10 juta rupiah dari Puskesmas Serayu Larangan, penyebaran benih ikan di Sungai Pingen, senam maumere, Gerakan Cuci Tangan Pakai Sabun, gunungan buah dan makan buah bersama, penandatanganan komitmen Open Defecation Free, dan sosialisasi Pemilu Serentak dari KPU dan Bawaslu.

Plt Bupati juga menyerahkan bantuan seperti bantuan paket rasbangga, bantuan dari DinsosdaldukKBP3A berupa kursi roda, kruk, dan alat bantu jalan, dan bantuan dari Dinas Kesehatan berupa jamban, bantuan pemberian makanan tambahan.

BANGKIT WISMO

Tebarkan braling
  • 6
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
    6
    Shares

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *