BRALING.COM, PURBALINGGA – Pemerintah Desa (Pemdes) Karanganyar di Kecamatan Karanganyar memiliki cara sendiri unuk mewujudkan konsep keterbukaan informasi publik. Yakni dengan membuat platform digital.

Pemerintah Desa Karanganyar kini sedang membuat aplikasi Buku Tanah Desa (Letter C), aplikasi Pemetaan dan aplikasi tentang Portal UMKM Desa.

“Aplikasi Letter C Desa atau aplikasi tentang pertanahan ini nantinya digunakan untuk menyimpan dokumen Letter C desa, semua aplikasi ini sedang dalam proses pembuatan,” kata Kepala Desa Karanganyar, Tofik.

Pemdes tinggal memasukan data dalam aplikasi Letter C. Sementara untuk aplikasi pemetaan, pihaknya bekerja sama dengan Dinas Komunikasi dan Informatika (Dinkominfo) Purbalingga. “Terus yang portal UMKM lagi dibikin sama anak-anak KKN Unsiq,” imbuh Tofik.

Pembuatan tiga aplikasi ini merupakan perwujudan konsep administrasi pemerintahan desa yang berbasis aplikasi. Apalago Desa Karanganyar sendiri telah memiliki aplikasi terkait dengan pelayanan dan keuangan.

“Dan kita menargetkan tiga aplikasi ini bisa dilaunching pada 13 atau 14 Maret ini,” kata Tofik.

BANGKIT WISMO