Pawarta

Purbalingga Sertifikasi 448 Tukang Bangunan untuk Proyek Dana Desa

BRALING.COM, PURBALINGGA – Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (DPU PR) Purbalingga melakukan pembekalan dan sertifikasi terhadap 448 tukang bangunan.

Agenda pembekalan dan sertifikasi tersebut dilaksanakan 26-27 Maret 2019 di Owabong Cottage. Peserta berasal dari 224 desa di Kota Braling.

Kepala DPU PR Purbalingga, Sigit Subroto mengatakan sertifikasi terhadap tukang bangunan tersebut merupakan tindaklanjut dari Surat Gubernur Nomor 18 Maret 2019 tentang Kewajiban Pekerja Kontruksi untuk Bersertifikat di jawa Tengah.

“Ini juga sesuai dengan surat Dirjen Bina Jasa Konstruksi Kementerian PUPR tanggal 13 Maret 2019 tentang Percepatan Sertifikasi Tenaga Kerja Kontruksi,” kata Sigit Subroto, 26 Maret 2019.

Adanya peningkatan DD dan Alokasi Dana Desa (ADD) dari tahun ke tahun, disebut Sigit membutuhkan tenaga-tenaga terampil dan bersertifikat untuk melaksanakan pekerjaan kontruksi yang ada di desa.

Selama ini, sertifikasi tukang bangunan umum dilakukan oleh Lembaga Pengembangan Jasa Konstruksi (LPJK) namun jumlah tukang bangunan yang bersertifikat masih terbatas. “Dengan percepatan ini, saya kira kesempatan yang baik untuk bisa sebanyak-banyaknya tukang di Purbalingga bersertifikat,” ujarnya.

Dengan sertifikasi ini, tukang bangunan di Purbalingga diharapkan mampu melaksanakan pekerjaan dengan baik. Karena pada saat proses pelelangan, kontraktor biasanya mempersyaratkan untuk melampirkan sertifikat bagi tenaga-tenaga yang dimiliki.

“Otomatis tukang bangunan ini bisa dipakai kalau masuk ke kontraktor baik sertifikatnya maupun tenaganya,” imbuh Sigit.

Pembekalan dan Sertifikasi Tukang Bangunan Umum Pelaksana DD digelar dengan mendatangkan pakar bangunan Balai Jasa Kontruksi Wilayah Surabaya.

BANGKIT WISMO

Tebarkan braling
  • 52
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
    52
    Shares

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *