BRALING.COM, PURBALINGGA – Dinas Kesehatan (Dinkes) Purbalingga menggencarkan pengawasan makanan di sejumlah pasar di Kabupaten Purbalingga, pada Bulan Ramadan 1440 H ini.

“Sebenarnya tidak hanya di pengawasan pangan di pasar, kita juga akan melakukan pengawasan makanan ke tempat-tempat yang menjual jajanan di sekitar sekolah yang tidak dilakukan saat Ramadan,” kata Kabid Pelayanan dan Sumber Daya Kesehatan pada Dinkes Purbalingga, dr Jusi Febrianto.

Dalam pengawasan makanan kali ini, Dinas Kesehatan memberikan pembinaan secara langsung kepada penjual. Harapannya, pedagang lebih perhatian lagi dengan bahaya pewarna tekstil, formalin dan boraks.

“Mereka langsung kita lakukan pembinaan agar penjual ini bisa mengidentifikasi makanan yang mengandung Rhodamin B, formalin maupun bahan tambahan pangan lain, bleng sebagai contohnya itu juga berbahaya,” ujar Jusi.

Dinas Kesehatan juga mengingatkan kembali tentang pentingnya perizinan produk industri rumah tangga. “Kepada produsen agar bisa mengurus perijinannya di Dinkes dan itu gratis,” sambung dia.

BANGKIT WISMO