BRALING.COM, PURBALINGGA – Purbalingga akan menjadi tuan rumah Jambore Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) ke-16 Tingkat Provinsi Jawa Tengah, 26-28 Juli 2019 mendatang.

Jambore tahunan ini rencananya akan digelar di Desa Wisata Serang, Kecamatan Karangreja, Purbalingga. Jambore akan diikuti utusan 35 Pokdarwis yang mewakili masing-masing kabupaten/kota di Jateng.

Kepala Dinas Pemuda Olah Raga & Pariwisata (Disporapar) Provinsi Jawa Tengah, Sinung Nugroho Rahmadi mengatakan itu saat audiensi di ruang kerja Sekda Purbalingga, 10 Mei 2019.

Sinung Nugroho datang bersama Kabid Sumberdaya Manusia & Ekraf Disporapar Jateng Trenggono. Sementara Sekda Purbalingga Wahyu Kontardi, ditemani Kepala Dinporapar Purbalingga Yanuar Abidin dan Kabid Pariwisata Dinporapar Purbalingga, Prayitno.

Sinung berkata, acara jambore ini merespon pertumbuhan pokdarwis di berbagai kabupaten/kota sekaligus menjawab tantangan tren pariwisata yang menuju arah rural tourism dan back to nature.

“Diharapkan para pelaku dan masyarakat luas akan semakin sadar pentingnya sapta pesona sadar wisata. Dengan jambore ini diharapkan juga terjadi jejaring pemasaran desa wisata, karena saat kegiatan berlangsung juga akan diundang pelaku biro wisata dan pemandu wisata serta pegiat wisata lainnya,” kata Sinung.

Sekda Purbalingga Wahyu Kontardi menyebut, gelaran Jambore Pokdarwis tingkat Jateng di Purbalingga akan berdampak langsung terhadap perkonomian masyarakat.

Kepala Dinporapar Purbalingga Yanuar Abidin menambahkan, selain melibatkan pokdarwis dan desa wisata se-Purbalingga, Dinporapar juga akan mengajak pelaku UMKM untuk ikut melakukan promosi dalam event ini.

Dinporapar Purbalingga juga siap menyukseskan agenda ini dengan melibatkan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait dan para pelaku wisata di Purbalingga.

BANGKIT WISMO