BRALING.COM, PURBALINGGA – Bupati Purbalingga, Dyah Hayuning Pratiwi mengungkapkan rencana lima kegiatan yang akan dimasukkan dalam APBD Perubahan Tahun 2019 di hadapan warga NU Purbalingga.

Lima program yang bakal dikerjakan tahun ini ialah melanjutkan pembangunan Purbalingga Islamic Centre, pemberian umroh gratis untuk warga dan penambahan kuota honor guru madrasah diniyah (madin).

Kemudian, Bupati Tiwi juga mengungkapkan adanya rencana untuk menggelar program pemberdayaan ekonomi santri serta bantuan pembangunan sarpras peribadatan.

Bupati Tiwi mengungkapkan lima rencananya itu saat acara Silaturahmi dan Halal bi Halal Bupati Purbalingga bersama Keluarga Besar Nahdatul Ulama Cabang Purbalingga, 26 Juni 2019 di Pendapa dipakusuma.

“Bantuan honor kepada Guru Madin jika kemarin masih untuk 1011 orang, setelah kami berdiskusi dengan para pejabat di APBD Perubahan dan tahun yang akan datang akan ada penambahan kuota penerima,” katanya.

Pembedayaan santri akan dilaksanakan dengan memberikan pendampingan pelatihan dan bantuan peralatan. “Harapannya bisa digunakan agar ketika setelah keluar dari Ponpes mereka bisa mandiri,” kata Tiwi.

“Kami juga berfikir akan upayakan bantuan permodalan, kita BUMD BPRS Buana Mitra Perwira dibangun sahamnya sebagian antara pemerintah dan NU akan kita berdayakan agar bisa berikan kesejahteraan bagi Ponpes di Purbalingga,” ungkapnya.

Mengenai umroh gratis, Bupati Tiwi meminta agar keluarga besar NU bisa mengusulkan calon penerima yang pantas. Baik dari kader berprestasi atau kader yang memberikan kontribusi besar terhadap NU. Tiwi memastikan, pelaksanaan program Umroh Gratis ini diberikan pada akhir tahun setelah Haji.

Bupati Tiwi kemudian mengungkapkan progres kelanjutan pelaksanaan pembangunan Purbalingga Islamic Centre. Kini, proyek yang berhenti dibangun karena kasus korupsi, telah bersiap memasuki tahap pengerjaan.

Bupati juga menyiapkan bantuan untuk pembangunan untuk sarpras peribadatan, baik mushola atau masjid. Bantuan ini diharapkan mampu memberikan kenyamanan dan memberi semangat untuk beribadah.

Ketua Pimpinan Cabang (PC) Nahdatul Ulama Purbalingga, H Ahmad Muhdzir berkata, dalam waktu dekat PCNU akan menyelenggarakan Musyawarah Kerja Cabang (Muskercab) sebagai wadah penentuan kegiatan program dari PC NU.

“Rencanannya, Muskercab akan dilaksanakan tanggal 13 – 14 Juli mendatang. Semoga pelaksanaannya sukses dan menghasilkan program PC NU yang lebih baik lagi,” katanya.

BANGKIT WISMO