BRALING.COM, PURBALINGGA – Tari Ranggawis dari Purbalingga bakal turut tampil dalam gelaran Festival Borobudur 2019. Festival tahunan ini digelar 5-7 Juli 2019 di pelataran Candi Borobudur, Magelang.

Selain dari Purbalingga, kabupaten/kota lainnya di Jawa Tengah, perwakilan provinsi bahkan dari mencanegara bakal turut tampil dalam festival ini.

Kepala Bidang Pariwisata pada Dinporapar Purbalingga, Prayitno berkata, kesenian Tari Ranggawis bakal ditampilkan oleh sembilan penari dan 13 orang pemusik.

“Tari ini akan dimainkan oleh Sanggar Tari Wisanggeni. Dengan alunan rampak kendang yang dipadukan dengan seperangkat alat calung yang khas dengan budaya Banyumasan,” kata Prayitno.

Sebagai informasi, Tari Ranggawis mempunyai makna kekompakan, kesatuan dan kebersamaan yang diharapkan dapat mewujudkan sesuatu kekuatan untuk meraih tujuan.

Tarian tersebut di susun dari gerakan gaya Banyumasan yang dikembangkan menggunakan gaya gerak Jawa Barat juga dipadukan dengan gaya tari Surakarta.

“Keikutsertaan Purbalingga pada kegiatan tersebut juga diharapkan dapat mendorong kunjungan wisata ke Purbalingga, khususnya turis mancanegara yang berkunjung ke Borobudur,” imbuh Prayitno.

Festival Borobudur juga menggelar pameran UMKM), karena itu Purbalingga juga berencana mengirimkan para pengrajin UMKM untuk tampil di stand pameran.

“Dengan sering tampilnya produk UMKM di pameran dengan skala nasional, diharapkan bisa meningkatkan promosi produk UMKM Purbalingga, yang akan berimbas pada peningkatan ekonomi masyarakat,” katanya.

BANGKIT WISMO