BRALING.COM, PURBALINGGA – Desa Tanalum dari Kecamatan Rembang meraih Juara 2 dalam Festival Desa Wisata Tingkat Jateng Tahun 2019 yang berlangsung di Lapangan Garnisun Semarang, 19-21 Juli 2019.

Festival desa wisata tersebut digelar Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Provinsi Jawa Tengah yang diikuti 35 perwakilan desa wisata se Jateng.

Ketua Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Argo Lestari Desa Tanalum, M Fatah berkata, prestasi ini menjadi bukti Desa Tanalum terus melakukan perbaikan kualitas layanannya terhadap wisatawan.

Sebagai informasi, pada tahun 2017 kemarin, Desa Wisata Tanalum juga menjadi wakil Purbalingga dalam Festival Desa Wisata Tingkat Jateng namun hanya mampu menjadi Juara Harapan 1.

Selain mendapatkan Juara Umum ke 2, Desa Wisata Tanalum juga meraih Juara Terbaik Paparan Pengelolaan Desa wisata. Pada Festival Desa Wisata Tingkat Jateng ini, Tanalum mengusung konsep Negeri Seribu Curug.

“Karena semua objek yang kami kelola adalah air terjun, jadi di stand, kami hias mulai dari lukisan air terjun dan ada juga miniature air terjun,” jelas M Fatah.

Pada festival desa wisata, Desa Tanalum menampilkan atraksi seni Babad tanalum dengan iringan calung, cinderamata desa wisata berupa hasil hutan, obat dan serbuk minuman herbal, kuliner dan produk khas desa lainnya.

Tidak hanya itu, Desa Tanalum juga memamerkan daya tarik wisata serta paket wisata antara lain Curug Gogor, Curug Nagasari, Curug Aul, Curug Krang, wisata rappeling, canyoning, outbound dan trekking.

Baca Juga: Lebih Dari 50 Ribu Wisatawan Liburan Ke Golaga Selama Libur Lebaran 2019

Sebelumnya, Kepala Bidang Pariwisata pada Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Dinporapar) Purbalingga, Prayitno yang telah dimutasi menjadi Kabag Humas dan Protokoler Setda Purbalingga menyebut festival ini sebagai ajang untuk bertukar gagasan sekaligus promosi potensi desa wisata.

“Festival desa wisata sebagai ajang adu ide, gagasan dan inovasi dalam pengembangan dan pengelolaan desa wisata. Setiap peserta yang hadir dan pengunjung dari desa wisata lain bisa saling belajar,” kata Prayitno.

Dinporapar Purbalingga memilih Desa Tanalum untuk terlibat dalam Festival Desa Wisata Tingkat Jateng Tahun 2019 ini karena Desa Tanalum dinilai selalu bersemangat untuk meningkatkan pelayanannya.

“Kami memilih Desa Tanalum setelah melakukan seleksi dari beberapa desa wisata di Purbalingga, dan desa berlabel ‘Seribu Curug’ ini ternyata memenuhi kriteria untuk mengikuti festival desa wisata,” katanya.

BANGKIT WISMO