BRALING.COM, PURBALINGGA – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo berharap jaringan air bersih yang telah dibangun di Dusun Bambangan Desa Kutabawa Kecamatan Karangreja bisa membantu masyarakat setempat.

Proyek jaringan air bersih ini dikerjakan oleh Dinas Perumahan dan Pemukiman (Dinrumkim) Purbalingga pada tahun lalu. Ganjar datang ke Kutabawa untuk meresmikan proyek, 12 Juli 2019 kemarin.

Ganjar menyebut, kebutuhan air bersih merupakan kebutuhan mendasar, sehingga jarian air bersih diharapkan bisa meningkatkan kualitas hidup warga. “Warga Kutabawa sekarang bisa mandi-mandi, air minum dengan tidak jalan sampai berkilo-kilo lagi,” kata Ganjar.

“Ini saya tadi tanya pak Kades katanya sudah tiga bulan berjalan air bersih ini bisa digunakan. Alhamdulillah mudah-mudahan kawasan langganan kekeringan ini bisa menggunakan air bersih terus,” kata dia.

Menurut penuturan Kabid Pemukiman Dinrumkim Purbalingga, Silas Rumanti proyek senilai Rp 2,244 M itu bisa melayani kebutuhan warga di Dusun IV dan V Desa Kutabawa serta Dusun Gunungmalang, Desa Serang.

“Bisa melayani sekitar 780 rumah tangga dengan rincian Dusun Bambangan 200, Dusun Kutabawa 150 dan Dusun Gunungmalang 430 rumah tangga,” kata Silas.

Baca Juga: Bupati Minta Kerjasama PMI Purbalingga Dan Pemkab Semakin Kuat

Ganjar meminta pengelolaan jaringan air bersih di Kutabawa harus diperhatikan dengan baik dan jangan sampai disalahgunakan. Penyalahgunaan hanya akan membuat pelaku berhadapan dengan hukum.

“Saya yang ngancem kalau ada penyelewengan dan nanti pasti berhubungan sama polisi dan jaksa. Makanya anggaran yang tidak sedikit ini harus digunakan benar-benar untuk masyarakat,” kata Ganjar.

kuda pustaka ridwan sururi  Ganjar Pranowo Resmikan Jaringan Air Bersih di Kutabawa dan Bantu Kuda Pustaka IMG 2649 1024x683

Bantuan Kuda Pustaka

Pada kunjangannya ke Kabupaten Purbalingga, Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo juga memberikan bantuan uang Rp 10 juta kepada Ridwan Sururi, pengelola Kuda Pustaka di Des Serang.

Bantuan ini diberikan sebagai apresiasi atas pengabdian Ridwan Sururi ikut meningkatkan budaya baca masyarakat di desa. Ganjar menyebut Ridwan sebagai sosok pejuang.

“Nah ini cara semacam ini yang paling kratif dengan menggunakan kuda, bukunya ada dan rata-rata anak-anak, ini salah satu gaya yang unik yang bisa dikembangkan dan ini bagian untuk mendorong literasi,” kata Ganjar.

Ganjar mengatakan hal itu di acara Verifikasi Lapangan Lomba Perpustakaan Sekolah SMA/SMK/MA Tingkat Nasional Tahun 2019 di SMA Negeri 1 Purbalingga, 12 Juli 2019.

Ridwan Sururi senang dengan adanya bantuan dari Gubernur Jateng tersebut. Bantuan pendanaan itu akan dijadikan sarana untuk membuat perpustakaan yang lebih nyaman dan punya banyak koleksi buku.

“Biasanya kalau ada anak-anak yang ke rumah mau pinjam buku terus pas di rumah ada tamu mereka itu gak jadi mungkin karena malu atau gak enak. Inginnya bangun perpustakaan di sebelah kandang kuda,” kata Ridwan.

“Itu nantinya di belakang rumah di deket kandang kuda, kan kita kuda pustaka. Kalau di situ di depan kandang kuda ada tempat membaca juga akan lebih sinkron,” ujarnya.

BANGKIT WISMO