BRALING.COM, PURBALINGGA – Sroto Klamud Ciwel didaulat menjadi Juara I Kategori Makanan Utama Berbahan Non Beras di ajang Lomba Makanan Khas, Kopi, Kain dan Kerajinan Provinsi Jawa Tengah 2019.

Lomba ini digelar di Anjungan Jawa Tengah, Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta, 27-28 Juli 2019. Pada ajang itu, motif batik Wayang Suket membuat Purbalingga mendapatkan Juara Harapan III Lomba Kreasi Batik/Tenun.

“Semoga ini menjadi penyemangat tumbuhnya usaha kuliner di Purbalingga,” ujar Sediyono, Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Purbalingga (DKPP), 28 Juli 2019.

“Kedepan kita akan terus melakukan pendampingan dan pembinaan supaya tumbuh inovasi kreasi makanan yang baru,” ujar Sediyono seperti dikutip dari keterangan pers Dinkominfo Purbalingga.

Pada kategori makanan utama berbahan bakar non beras, Purbalingga menampilkan Sroto Klamud yang dipadukan dengan ciwel sebagai pengganti ketupatnya. Untuk pendampingnya disajikan Wedang Nipah yang memadukan badheg dan rempah.

Baca Juga: Pemahaman Kesehatan Reproduksi Penting Bagi Remaja Purbalingga

“Bihunnya diganti kelapa muda dan ketupatnya pakai ciwel singkong, itu unik dan enak sekali. Apalagi penyajiannya dalam kelapa muda segar,” kata Ning Sujito, salah satu juri pada ajang tersebut.

Ning Sujito yang merupakan pengusaha jasa boga di Jakarta ini berpesan pentingnya inovasi dalam bisnis kuliner. “Saya mendorong tumbuhnya kawasan wisata kuliner tumbuh di kabupaten yang akan menggerakan laju perekonomian daerah,” katanya.

Selain lomba, acara tahunan itu juga diisi dengan pameran produk unggulan dari 35 Kabupaten/Kota se-Jawa Tengah. Purbalingga membawa berbagai macam produk lokal Kota Perwira.

BANGKIT WISMO