BRALING.COM, PURBALINGGA – Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Jawa Tengah berupaya meningkatkan kualitas hidup keluarga warga tidak mampu di Banyumas Raya dengan menggelar pelatihan.

Pelatihan tersebut berupa pelatihan budidaya lele bioflok, jangkrik dan cacing sutra. Baznas Jawa Tengah menggelar pelatihan tersebut di Balai Pelatihan Ikan Tawar Desa Singasari, Kecamatan Karanglewas, Banyumas 12-14 Juni 2019 kemarin.

Ketua Baznas Purbalingga, H Chumaedi menjelaskan bahwa pelatihan budidaya tersebut diikuti 19 orang peserta dan perwakilan dari Baznas Kabupaten di eks Karesidenan Banyumas.

“Diharapkan setelah mengikuti pelatihan, para peserta dapat menerapkan ilmu yang telah didapat dalam pelatihan, sehingga kesejahteraan mereka akan meningkat,” kata Chumaedi.

Pelatihan Budidaya Lele Bioflok, Jangkrik dan Cacing Sutra tersebut diisi pemateri dari P2MKP Alang-Alang Tumbuh Subur Boyolali. Materi pelatihannya mulai dari teori dan praktek budidaya sekaligus sistem pemasaran hasil budidayanya.

Baca Juga: Baznas Purbalingga Salurkan Bantuan Kursi Roda

Baznas Purbalingga memberangkatkan 16 orang mustahik dan 1 orang pendamping. Setelah pelatihan, peserta membentuk kelompok usaha dengan nama Wira Usaha Baznas Purbalingga.

Namun, jelas Chumaedi, untuk memudahkan koordinasi, kelompok tersebut kemudian dibagi menjadi tiga kelompok. Baznas Jateng memberikan modal awal berupa alat budidaya lele bioflok, alat dan telur jangkrik serta alat dan bibit cacing sutra.

“Kelompok Wira Usaha ini menjadi binaan dan pendampingan dari Baznas Purbalingga. Baznas Purbalingga akan ikut terlibat dalam pendampingan seperti permodalan hingga pemasaran,” jelas Ketua Baznas Purbalingga.

Diharapkan, lanjut Chumaedi, kelompok Wira Usaha ini terus berkembang dan berhasil, sehingga dapat dijadikan proyek percontohan dalam usaha pemberdayaan mustahik atau warga dhuafa oleh Baznas Purbalingga.

BANGKIT WISMO

Tebarkan braling
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •