BRALING.COM, JAKARTA – Kini, konsumen dihadapkan pada pilihan merek produk yang sangat beragam. Konsumen pun kian cerdas dan selektif. Sementara produsen menghadapi pasar yang semakin kompetitif.

Dikutip dari marketing.co.id, General Manager Kantar Indonesia, Worldpanel Division, Venu Madhav menyebut setidaknya ada lima faktor utama yang dapat membantu merek untuk tumbuh di pasar kompetitif saat ini.

Menghadirkan pengalaman kepada konsumen.

Pengalaman ini tidak sebatas memiliki atau mengkonsumsi produk. Namun juga bisa berupa pengalaman berbelanja di toko, ataupun pada saat mereka melihat iklan di media atau media sosial.

Memberikan kemudahan untuk konsumen.

Konsumen banyak menghabiskan lebih banyak waktu di luar rumah. Karena itu, mereka banyak membeli makanan dan minimuman siap santap di luar rumah.

Tampil berbeda dibandingkan pesaing.

Terkenal saja tidak cukup. Konsumen mencari hal-hal berbeda dan lebih bermakna yang membuat mereka tertarik. Apalagi di tengah ketatnya persaingan produk.

Memahami kebutuhan dari tiap tipe konsumen.

Bagaimanapun, sangat penting untuk memahami karakter konsumen yang disasar oleh sebuah produk atau servis. Pemahaman karakter konsumen akan memudahkan dalam membuat strategi pemasaran.

Masuk ke ranah marketing digital.

Ini tidak hanya tentang memindahkan aktivitas offline ke ranah online. Namun, fokus penting juga untuk membangun strategi dan proses marketing ke ranah digital secara menyeluruh.

BANGKIT WISMO