BRALING.COM, PURBALINGGA – Perayaan HUT RI sudah tentu bakal diramaikan dengan banyak perlombaan dan kegiatan lainnya yang dilakukan oleh masyarakat di berbagai wilayah Indonesia.

Pemuda Desa Sumampir, Kecamatan Rembang yang tergabung dalam Pethongsot Community juga memiliki cara yang serupa dalam menyemarakan Hari Kemerdekaan RI ke 74 di tahun 2019 ini.

Salah satu lomba yang cukup menarik perhatian di Desa Sumampir itu ialah lmba makan leper. Lomba ini terinspirasi dari lomba makan kerupuk yang khas tujuhbelasan. Hanya saja kerupuknya diganti leper.

“Kami ganti dengan lomba makan leper sekalian memperkenalkan leper ke adik-adik kita agar mereka tahu makanan yang diproduksi asli dari Desa kami,” ungkap Mega Oktavia, salah satu panitia.

Baca Juga: Mau Manasik Haji untuk Anak? Ke Sanggaluri Park Saja

Leper merupakan makanan ringan khas Desa Sumampir, Kecamatan Rembang. Leper terbuat dari beras ketan yang dicampur dengan kelapa, dikukus, dihaluskan kemudian dibentuk seperti opak.

Setelah itu, camilan yang punya rasa yang unik dan gurih ini dijemur sampai kering dan tahap terakhir dibakar. Di Desa Sumampir ini, Setiap harinya puluhan kilo Ketan diolah menjadi leper.

Perlombaan makan leper ini disambut antusias oleh anak-anak yang sudah sejak pagi datang ke lokasi perlombaan. “Habis ikut lomba makan leper tapi kalah, lepernya enak, renyah banget,” kata Akasya Nesta.

INA FARIDA