BRALING.COM, PURBALINGGA – Untuk beberapa waktu ke depan, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Purbalingga bakal dipimpin sementara oleh Bambang Irawan dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP).

Pimpinan sementara Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Purbalingga yakni Bambang Irawan dan Aman Waliyudin dari PKB. Aman akan menjadi Wakil Ketua DPRD sementara. Keduanya menjabat hingga ada penetapan pimpinan.

Penunjukan dua politisi tersebut sesuai Peraturan DPRD Purbalingga No 170-01 tahun 2019 tentang Tata Tertib DPRD Kabupaten Purbalingga yang menyebutkan ketua (sementara) berasal dari dua parpol yang memiliki kursi DPRD terbanyak.

Sekretaris DPRD Purbalingga, Tri Gunawan Setyadi membacakan perihal keputusan tersebut setelah pengambilan sumpah untuk 45 anggota DPRD Purbalingga periode 2019-2014.

Seperti diketahui bersama, Rapat Paripurna DPRD Purbalingga dengan agenda pengambilan sumpah/janji anggota DPRD periode 2019-2024 hasil Pemilu 2019 sudah dilaksanakan 19 Agustus 2019.

Ada Sembilan parpol yang punya kursi wakil rakyat. PDIP memiliki 10 wakil, PKB punya 9 wakil, Partai Golkar punya 7 wakil, Partai Gerindra punya 6 wakil dan Partai Nasdem punya 1 wakil.

Kemudian, ada PKS yang memiliki 4 wakil, PPP punya 2 wakil, PAN memiliki 4 wakil dan Partai Demokrat memiliki 2 wakil.

Baca Juga: Kesalahan yang Sering Dilakukan Ketika Membangun Startup

Setelah serah terima jabatan dengan ketua DPRD 2014-2019 Tongat, HR Bambang Irawan, menyampaikan terima kasih kepada seluruh warga masyarakat Purbalingga yang telah mensukseskan Pemilu Serentak 2019.

“Kedua, kami sampaikan terima kasih kepada anggota DPRD periode 2014-2019 yang telah berkontribusi dalam kemajuan Kabupaten Purbalingga,” kata Bambang Irawan.

“Terima kasih pula kami ucapkan pada Bupati dan jajaran Forkopimda yang telah menciptakan suasana kondusif sehingga Pemilu lalu dapat berjalan aman, jujur dan adil,” tuturnya.

Bambang Irawan tidak lupa untuk mengajak para anggota DPRD 2019-2024 agar bekerja secara sungguh-sungguh demi kepentingan warga masyarakat Kabupaten Purbalingga.

“Permasalahan dan kebutuhan masyarakat bisa diketahui jika kita terjun langsung di tengah masyarakat dan dengan itu kita baru bisa memecahkan permasalahan masyarakat,” kata Bambang Irawan.

Tiga fungsi DPRD dalam pengawasan, anggaran dan legislasi harus bisa berjalan maksimal. “Kerjasama dan sinergitas antara DPRD dan Pemkab yang selama sudah terbangun untuk bisa ditingkatkan lagi,” ucapnya.

BANGKIT WISMO