BRALING.COM, PURBALINGGA – Ketua Majelis Pembimbing Cabang Gerakan Pramuka Purbalingga, Dyah Hayuning Pratiwi menyematkan Lencana Pancawarsa Kwarda Jateng 2019 kepada 13 tokoh Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Purbalingga.

Penghargaan diberikan kepada Majelis Pembimbing, Andalan dan Pembina Pramuka yang telah setia kepada organisasi dan aktif melakukan kegiatan di Gerakan Pramuka selama 5 tahun atau kelipatan 5 tahun.

Penghargaan Lencana Pancawarsa Kwarda Jateng 2019 itu dilaksanakan saat Upacara Peringatan Hari Pramuka Ke-58, 7 September 2019 di Lapangan Purbalingga Lor.

Penerima Lencana Pancawarsa dari Kwarda Jateng yakni Subeno (Waka Keusarpras Kwarcab Purbalingga), Bijuri Has (Andalan Cabang), Wahyu Ekonanto (Waka Abdimas dan LH Kwarcab Purbalingga) dan Kusno (Andalan Cabang).

Kemudian ada Sumenti (Andalan Cabang), Bripka Widodo Apriyanto (Andalan Cabang), Anto Kuswoyo (Andalan Cabang), Sugeng Triono (Ketua Kwarran Kaligondang), Triyo (Pembina Gudep), Daniel Dwimawan (Andalan Cabang), Yulius Sunarsanto SSi (Pembina Gudep), Sri Yuliani (Pembina Gudep) dan Kristina (Pembina Gudep).

Baca Juga: Dua Siswa SMA Negeri 1 Rembang Berkompetisi di FLS2N Tingkat Nasional

Dyah Hayuning Pratiwi sebagai pembina Upacara Peringatan Hari Pramuka Ke-58, menyampaikan amanat Presiden RI. Pesannya peran Gerakan Pramuka dalam menekankan pendidikan dan pembentukan karakter berperan sangat penting dalam menanggulangi masalah-masalah generasi muda.

“Mulai dari penyalahgunaan narkoba, masih adanya tawuran, masih banyaknya sikap intoleransi, hingga penggunaan media sosial yang dipenuhi ujaran kebencian, kabar bohong, dan pornografi yang harus kita tanggulangi bersama-sama,” katanya

“Perbedaan agama, perbedaan ras, perbedaan suku, dan golongan dalam Gerakan Pramuka semuanya bisa menyatu, semuanya bisa bermusyawarah, semuanya merasa bersaudara dengan semangat persatuan dan perdamaian,” lanjutnya.

Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Purbalingga Trisnanto Sri Hutomo berkata, upacara ini merupakan puncak dari rangkaian Peringatan Hari Pramuka Ke-58.

Sebelumnya sudah ada kegiatan yang dilakukan seperti Renungan Ulang Janji, Zarah ke makam Tokoh Gerakan Pramuk Purbalingga, Bhakti Masyarakat, Gebyar 17 Agustus 2019.

BANGKIT WISMO