BRALING.COM, PURBALINGGA – Asosiasi Pengrajin Knalpot Purbalingga atau Apik Bangga berupaya membangun jaringan pemasaran produk hingga ke level Agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM) komponen otomotif.

Upaya itu dilakukan dengan cara mengikuti event Link & Match Antara IKM Komponen Otomotif & TIER APM. Event ini digelar oleh Direktorat IKM Logam Mesin Elektronika & Alat Angkut Ditjen IKMA Kementrian Perindustrian di Jakarta, 30 September 2019.

Apik Bangga berangkat ke Jakarta didampingi oleh Dinperindag Purbalingga. Peserta Link and Match tersebut ada sekitar 200 IKM dari seluruh Indonesia.

Baca Juga: Kesalahan yang Sering Dilakukan Ketika Membangun Startup

Ketua Apik Bangga, Dino mengatakan ATPM yang hadir di event tersebut sudah siap bekerjasama dengan peserta. Namun, pada keikutsertaannya yang pertama, Apik Bangga lebih fokus menambah wawasan.

“Kami baru sebatas menambah wawasan sehingga lebih mudah dalam mengarahkan para pengrajin IKM di Purbalingga untuk siap kerjasama dengan ATPM di tahun mendatang,” kata Dino kepada Braling.com.

Menurut dia, kegiatan link and match ini dilaksanakan setiap tahun. Hanya saja, produk Purbalingga belum mampu memenuhi standar yang dibutuhkan oleh ATPM komponen otomotif.

“Selain menambah wawasan, kami juga memanfaatkan event ini untuk membuka link ke para ATPM serta mendeklarasikan kepada Kementrian Perindustrian bahwa IKM purbalingga siap untuk dibina,” kata Dino yang datang bersama Edi Nurmanto.

BANGKIT WISMO