BRALING.COM, PURBALINGGA – BPJS Ketenagakerjaan Cabang Purwokerto meluncurkan Desa Sadar Jaminan Sosial Ketenagakerjaan di Desa Sindang, Kecamatan Mrebet.

Desa Sindang menjadi desa ke enam di Kabupaten Purbalingga yang dilaunching sebagai Desa Sadar Jaminan Sosial Ketenagakerjaan. Sebelumnya sudah ada Desa Kalialang, Desa Bajong, Desa Sinduraja, Desa Karangreja, Desa Cipaku.

Kepala Kantor Cabang BPJS Ketenagakerjaan Purwokerto, Agus Widiyanto menyatakan bahwa launching Desa Sadar Jaminan Sosial Ketenagakerjaan ini ialah salah satu upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Khususnya, kata Agus Widiyanto, masyarakat pekerja di daerah pedesaan yang selama ini belum banyak tersentuh dan merasakan manfaat program BPJS Ketenagakerjaan.

“Kita ketahui bersama bahwa di desa banyak sekali masyarakat pekerja di sektor Bukan Penerima Upah (BPU) yang mempunyai hak yang sama untuk mendapatkan perlindungan dan jaminan sosial seperti halnya sektor Penerima Upah (PU),” ujar Agus, 2 September 2019.

Sektor pekerja BPU di daerah pedesaan antara lain petani, pekerja home industry, pedagang dan penderes gula kelapa. “Di Desa Sindang, penderes gula kelapa ini menjadi mata pencaharian sebagaian warga Desa Sindang,” kata AGus.

Penderes gula kelapa sangat rentan terhadap resiko kecelakaan kerja. Beberapa kasus kecelakaan pada penderes kelapa yang terdaftar dalam BPJS Ketenagakerjaan telah diberikan santunan yang diharapkan dapat meringankan beban ekonomi keluarga.

“Namun demikian kami merasa sedih dan prihatin ketika mendengar informasi penderes yang meninggal dunia karena terjatuh dari pohon kelapa tapi belum sempat terdaftar di program perlindungan kerja,” jelas Agus menambahkan.

“Oleh karena itu, kami bekerja sama dengan pemerintah desa setempat agar program pemerintah ini semakin dikenal oleh masyarakat dan semakin banyak desa terlindungi guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat khususnya masyarakat pedesaan yang bekerja di sektor BPU,” imbuh dia.

Kepala Desa Sindang, Muklisi menyambut baik Desa Sindang Dilaunching Sebagai Desa Sadar Jaminan Sosial Ketenagakerjaan. Ia berharap dengan hadirnya BPJS Ketenagakerjaan ini para penderes di Desa Sindang terjamin perlindungan sosial ketenagakerjaan.

“Khususnya para penderes sudah dijamin apabila terjadi kecelakaan yang terkait dengan ketenagakerjaan,” kata Muklisi.

BANGKIT WISMO