BRALING.COM, PURBALINGGA – Tim dari Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Jawa Tengah menilai kondisi Taman Lalu Lintas dan Kampung Tertib Lalu Lintas yang ada di Purbalingga.

Taman Edukasi Lalu Lintas ada di Kelurahan Karangsentul, Kecamatan Padamara. Sementara Kampung Tertib Lalu Lintas di Perumahan Griya Abdi Kencana, Kelurahan Purbalingga Wetan, Kecamatan Purbalingga.

Tim penilai dipimpin oleh Kasi Dikmas Subdit Kamsel Ditlantas Polda Jateng Kompol Bero Suprihatin. Mereka datang ke Purbalingga pada 18 September 2019.

Ketua tim penilai Kompol Bero Suprihatin berkata, Ditlantas Polda Jateng menggelar Lomba Kampung Tertib Lalu Lintas untuk menyambut Hari Lalu Lintas Bhayangkara tahun 2019. Penilaian juga dilakukan di kabupaten lainnya.

“Adanya kampung tertib lalu lintas diharapkan mampu mengedukasi masyarakat untuk tertib dalam berlalu lintas dan menjadi pelopor keselamatan berlalu lintas. Harapannya mampu mendukung menurunnya angka pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas,” harap Kompol Bero.

Dalam penilaian Kampung Tertib Lalu Lintas terdapat poin penilaian seperti jalan raya, sarana dan prasarana, kelengkapan rambu lalu lintas serta masyarakat yang berkendara apakah sudah tertib atau ditemukan adanya pelanggaran.

Baca Juga: KPK Rika Ora Dewekan, Cara Purbalingga Mendukung Pemberantasan Korupsi & Melawan Pelemahan KPK

“Dari pengamatan yang dilakukan kita belum menemukan adanya pelanggaran tersebut di kampung tertib lalu lintas ini,” kata Kompol Bero seperti dikutip Tribrata News Polres Purbalingga.

“Selain kampung lalu lintas, ada juga taman lalu lintas, yang merupakan sarana edukasi untuk memberikan pemahaman tentang lalu lintas dengan ukuran yang lebih kecil dari sebenarnya,” kata dia.

“Taman lalu lintas bisa digunakan untuk memberi pembelajaran terhadap anak-anak maupun siswa tentang fungsi rambu dan tata cara berkendara yang baik,” lanjut Kompol Bero.

Sementara itu, Kasat Lantas Polres Purbalingga AKP SS Udiono berkata, Kampung Tertib Lalu Lintas di Kelurahan PurbaIingga Wetan merupakan representasi dari tertib berlalu lintas warga.

“Kami berharap dengan adanya kesadaran masyarakat untuk tertib berlalu lintas bisa menurunkan angka kecelakaan. Karena untuk tertib berlalu lintas bukan hanya tanggung jawab kepolisian saja namun perlu peran serta seluruh pihak,” kata AKP SS Udiono.

BANGKIT WISMO