BRALING.COM, PURBALINGGA – Dua siswa dari SMA Negeri 1 Rembang bersiap untuk berkompetisi di Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N). Keduanya ikut kompetisi desain grafis.

Mereka adalah Ika Ragil Restinani kelas XII IPS 4 dan Alfandi Galih Pratama kelas XII IPA 3. FLS2N Tingkat Nasional bakal digelar di Lampung, 15-21 September 2019.

Dengan berangkatnya Ika dan Galih di ajang kompetisi tingkat nasional, ini berarti SMAN 1 Rembang sudah keempat kalinya menorehkan prestasi di kompetisi desain grafis.

“Pas seleksi di di FLS2N Tingkat Provinsi, keduanya juara satu mewakili desain poster dengan teknik pembuatan posternya pakai digital,” kata Guru Pembimbing Desain Grafis SMAN 1 Rembang, Susiawan Harianto, 6 September 2019.

Hari memasang target, Ika dan Alfandi bisa membawa medali prestasi. Karena itu, latihan pun digelar secara intensif dan hampir setiap hari.

“Kalau untuk konsen yang nasional sudah 3 minggu lebih kita latihan, setiap hari mulai dari jam 8 sampai jam 4 sore dilanjut habis isya jam 8 malam sampai jam 3 dini hari,” jelas Hari.

Baca Juga: Desa Sindang menjadi Desa Sadar Jaminan Sosial Ketenagakerjaan ke 6 di Purbalingga

Meskipun saat ini Galih dan Ika duduk di bangku kelas XII, namun hal ini pun tidak menjadi penghalang untuk persiapan kompetisi. “Itu konsekuensi logis,” kata Hari.

“Sekolah mempunyai kebijakan dimana anak-anak yang ikut lomba dan menang di tingkat nasional itu ada perlakuan khusus termasuk nanti di tugas. Saya sudah menyampaikan sejak awal semua pilihan itu ada resikonya sehingga mereka harus pandai membagi waktu,” ujarnya.

Sementara itu, Galih dan Ika bangga dapat mengikuti perlombaan Desain Grafis dan dapat menjadi wakil dari Jawa Tengah. “Ikut ini modalnya memang nekad dan keinginan yang kuat, setelah itu barulah kita harus mempunyai target di lomba ini,” kata Galih.

“SMAN 1 Rembang ini memang sudah langganan juara desain grafis, ini tentunya ikut mengharumkan nama Purbalingga. Untuk Ika dan Galih tetap semangat, lakukan dengan maksimal,” kata Bupati Purbalingga, Dyah Hayuning Pratiwi.

BANGKIT WISMO