BRALING.COM, PURWOKERTO – Kini semakin banyak keluarga yang menaruh perhatian besar terhadap masalah kesehatan keluarga. Tidak heran, layanan perawatan kesehatan di rumah atau home care pun jadi pilihan.

Layanan home care menjadi pilihan terutama bagi pasien paliatif alias penyakit yang susah sembuh serta keluarga baru yang mendambakan layanan kesehatan non gawat darurat bagi si buah hati di rumah.

Sekarang ini, terutama di kawasan perkotaan, terdapat kebutuhan layanan kesehatan ketika orang tua tambah tua, sementara anaknya sukses tapi jauh di luar kota.

“Itulah alasan diluncurkannya Ananda Home Care. Layanan kesehatan non gawat darurat yang dilakukan di rumah pasien. Bahasa sederhananya, memindahkan rumah sakit ke rumah pasien itu kebutuhan sekaligus gaya hidup,” kata Direktur RS Ananda Purwokerto, dr Widayanto, 9 September 2019.

Ananda Home Care diluncurkan bertepatan dengan momen HUT RS Ananda ke 29. Launching AHC dilakukan dr Widayanto bersama Pendiri RS Ananda Purwokerto, dr Hadi Setyo SpOG.

“Dengan adanya Ananda Home Care, kami berharap bisa berpartisipasi merawat orang-orang tua yang di rumah sendirian sehingga mereka bisa hidup bahagia di hari tuanya. Juga demikian terhadap pelayanan kesehatan ibu dan anak,” kata dr Widayanto.

Tingginya angka kematian ibu juga menjadi inspirasi lahirnya AHC. RS Ananda Purwokerto bekerjasama dengan Bupati Banyumas bagaimana agar ibu hamil mengakses kesehatan dengan mudah.

“Konsep home care untuk ibu dan anak ini adalah bagaimana ibu hamil peduli terhadap kehamilannya. Sehingga ketika melahirkan sudah siap merawat bayi dengan baik,” katanya menambahkan.

Permintaan AHC sekarang ini sudah lebih dari 100 layanan dalam satu bulan, sejak soft launching Januari 2019. Untuk itu, masyarakat disarankan terlebih dahulu menghubungi customer service AHC untuk memastikan jadwal kunjungan.

Baca Juga: Bupati Purbalingga Menjemput Jamaah Haji di Donohudan

Sekaligus, memastikan layanan tepat sesuai kebutuhan pasien. Pada tahap awal untuk mengetahui lanjut masyarakat bisa follow IG @ananda_homecare.

“Layanan AHC juga sedang kita siapkan versi aplikasi, sebagaimana kebutuhan gaya hidup masyarakat kekinian. Pada akhirnya layanan AHC ini merupakan wujud bukti cinta, pelayanan tepat dan mewakili gaya hidup modern,” terang dokter Widayanto lagi.

Kepala Layanan AHC, dr Ike Anggraeni Fatmasari mengatakan secara umum ada lima jenis layanan. Yakni perawatan bayi dan ibu, perawatan lansia, perawatan luka kecelakaan, perawatan luka diabetes, serta layanan fisioterapi.

“Kalau jumlah perawat yang datang disesuaikan kebutuhan setelah kita observasi ke pasien. Bisa satu, dua, atau lebih sesuai kebutuhan,” katanya usai launching.

Momentum HUT Ke-29 RS Ananda Purwokerto juga bersamaan peringatan hari Kontrasepsi Sedunia. Kerjasama dengan Bapermas mengadakan KB Massal. Dilaksanakan juga bakti sosial untuk masyarakat sekitar, hingga aneka lomba untuk memeriahkan acara.

BANGKIT WISMO