BRALING.COM, PURBALINGGA – Kapolres Purbalingga AKBP Kholilur Rochman SH SIK MH mengingatkan bahwa Pramuka Saka Bhayangkara harus mampu menjadi manusia Pancasila.

“Ingatlah selalu Hymne Pramuka bahwa Pramuka Indonesia adalah manusia Pancasila. Jadilah pemuda pemudi patriot bangsa yang tetap kokoh menghayati dan mengamalkan Pancasila, menjaga Bhineka Tunggal Ika, demi kejayaan Negara Kesatuan Republik Indonesia,” kata Kapolres Purbalingga.

AKBP Kholilur mengatakan itu ketika membuka acara Perkemahan Bakti Saka Bhayangkara (Pertikara) Kwartir Cabang Purbalingga Tahun 2019. Kegiatan itu dilaksanakan di Bumi Perkemahan Munjuluhur, Desa Karangbanjar, Kecamatan Bojongsari, 30 September 2019.

Ketika upacara pembukaan, Kapolres Purbalingga secara simbolis memasangkan tanda peserta kepada empat perwakilan pramuka. Ada juga pengibaran Bendera Pertikara Tahun 2019 sebagai simbol opening.

Kapolres Purbalingga menyebutkan kalau tema Pertikara tahun 2019 adalah Bagikan Kebersamaan, Hasilkan Persatuan, Hasilkan Kemajuan. Dengan membagi kebersamaan ini, Gerakan Pramuka melalui berbagai kegiatan akan terus memperkuat dan menjaga keutuhan NKRI untuk menghasilkan kemajuan bersama.

Baca Juga: TMMD Tahap III Tahun 2019 Fokus Infrastruktur Air Bersih di Desa Tunjungmuli

Dikutip dari Tribrata News Polres Purbalingga, Perkemahan tersebut diramaikan dengan kegiatan bakti masyarakat yang mendukung dan memotivasi terciptanya suasana kamtibmas di Kabupaten Purbalingga.

“Kegiatan itu diantaranya pemeliharaan pos kamling, pemasangan tempat sampah bertema kamtibmas dan pemberian sembako bagi masyarakat yang membutuhkan,” kata kapolres menjelaskan agenda perkemahan.

Kapolres meminta kegiatan Pramuka Saka Bhayangkara diisi dengan berbagai kegiatan yang inovatif, positif dan produktif. AKBP Kholilul yakin pramuka Purbalingga mampu untuk mencapai karakter ini.

Perkemahan digelar 29 September hingga 1 Oktober 2019. Kemah diikuti 160 pramuka Saka Bhayangkara dari 16 kecamatan. Usai pembukaan Kapolres Purbalingga menyerahkan bantuan bagi warga kurang mampu dari Desa Karangbanjar.

BANGKIT WISMO