BRALING.COM, PURBALINGGA – Palang Merah Indonesia (PMI) melakukan inovasi dalam penyelenggaraan Jumpa Bhakti Gembira (Jumbara) PMR X PMI Purbalingga Tahun 2019. Yakni dengan menerapkan sistem digital.

Sistem digital ini diterapkan mulai dari pendaftaran hingga penilaian perlombaan yang diikuti oleh setiap kontingen. Dengan digitalisasi ini, database peserta juga semakin akurat.

Kepala Markas PMI Purbalingga, Yuni Lestari mengatakan, data by name hasil daftar online akan dikonversi menjadi id card peserta dan kartu giat yang sudah dilengkapi dengan QR code.

“QR code akan kami gunakan sebagai absen online. Tidak hanya itu, proses penilaian oleh juri di setiap giat juga berbasis online,” kata Yuni. PMI Purbalingga menggunakan server PMI Pusat untuk penerapan sistem ini.

Sebagai informasi, Jumbara PMR X PMI Purbalingga Tahun 2019 yang mengusung tema “Cerdas, Ceria dan Bersahabat” ini akan dilaksanakan 2-5 Oktober 2019. Acara tahunan yang bakal diikuti oleh 40 kontingen ini digelar di Lapangan Desa Kradenan, Kecamatan Mrebet.

Baca Juga: Desa Kekurangan Air Bersih Terus Bertambah

Sekretaris PMI Purbalingga, M Ichwan mengatakan, Jumbara PMR menjadi salah satu upaya PMI untuk melakukan pembinaan terhadap generasi muda, khususnya tergabung pada PMR di setiap sekolah.

Ichwan menyebut, para kontingen ini merupakan calon relawan PMI masa depan yang potensial. Sehingga diharapkan mampu menjalankan tugas-tugas kemanusiaan dan menjamin kesinambungan organisasi.

“Jumbara adalah salah satu sarana untuk mewujudkan harapan tersebut. Melalui berbagai kegiatan yang dilaksanakannya, Anggota PMR dapat mengembangkan kapasitas, keterampilan dan sikap positif sesuai Tri Bhakti PMR,” kata M Ichwan.

Selain itu, Jumbara PMR juga menjadi sarana evaluasi terhadap kurikulum pembinaan dan pelatihan keterampilan serta pengetahuan kepalangmerahan anggota PMR (Madya dan Wira).

Sebagai sarana pemantauan dan evaluasi kualitas pembinaan dan pengembangan kelompok PMR di Kabupaten Purbalingga. Serta sarana mempererat persatuan dan kesatuan sesama insan kemanusiaan.

BANGKIT WISMO