BRALING.COM, PURBALINGGA – Pimpinan DPRD Purbalingga 2019 – 2024 telah resmi dilantik. Ketua DPRD Purbalingga, Bambang Irawan lantas menyerukan pentingnya barisan yang rapat.

Pimpinan DPRD diduduki oleh Bambang Irawan (PDIP) sebagai Ketua DPRD. Sementara Wakil Ketua DPRD Purbalingga diduduki oleh Aman Waliyudin (PKB), Tenny Juliawati (Golkar) dan Adi Yuwono (Gerindra).

Secara berurutan PDI Perjuangan, PKB, Partai Golkar dan Partai Gerindra merupakan partai-partai politik dengan jumlah kursi terbanyak di DPRD Purbalingga.

Sekretaris DPRD Purbalingga, Tri Gunawan Setyadi menyebut mekanisme pelantikan juga didasari oleh Surat Keputusan (SK) Gubernur Jawa Tengah No 170.97 tahun 2019 tentang Peresmian Pimpinan DPRD Purbalingga masa jabatan tahun 2019 – 2024.

Baca Juga: Purbalingga Lakukan Verifikasi dan Validasi Ulang DTKS

Ketua DPRD Purbalingga Bambang Irawan berkata meskipun anggota DPRD berlatar belakang parpol yang berbeda-beda tetapi perbedaan yang ada jangan dijadikan kendala. Semangat pengabdian kepada masyarakat harus tetap kuat.

“Dalam demokrasi yang sehat, kita boleh berbeda pendapat, namun tidak boleh terpecah belah. Ada masanya kita berdebat, ada masanya barisan kita merapat,” kata Bambang Irawan.

Ketua DPRD Purbalingga juga berharap dukungan semua pihak agar dapat menjalankan tugas Pimpinan DPRD dengan baik, lancar, aspiratif dan profesional.

“Sehingga dapat mencurahkan pemikian tenaga, pikiran dan kemampuan kita dalam mengemban amanah rakyat, yakni fungsi legislasi, anggaran dan pengawasan yang dijalankan berdasarkan representasi rakyat,” tuturnya.

Baca Juga: Festival Congot, Cara Warga Perkuat Brand “Kedungbenda Berbudaya”

Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi berharap DPRD Purbalingga bisa melaksanakan fungsi dan tugasnya secara maksimal. Sekaligus mampu menjadi mitra, penyeimbang dan penyemangat kinerja eksekutif.

“Sebagai lembaga legislatif yang merupakan mitra kerja pemerintah daerah, DPRD diharapkan mampu dan mau menjembatani antara kebijakan pemerintah dengan keinginan masyarakat,” kata Bupati Tiwi.

BANGKIT WISMO