BRALING.COM, PURBALINGGA – Sekarang ini bukan situasi yang mudah bagi para pelaku bisnis. Terutama dari sisi marketing. Ketika sukses penjualan pada tahun lalu, tahun ini belum tentu usahanya mencatatkan kinerja gemilang.

Handry Satriago, CEO General Electric Indonesia ketika berbicara di Shell Technology Forum 2019 di Nusa Dua, Bali, berkata kalau teknologi menjadi pemicu utama perubahan dunia bisnis yang begitu dinamis ini.

“Dulu smartphone hanya membantu sebagian aktivitas kita. Tapi sekarang, semua aktivitas bisa kita lakukan hanya dengan smartphone,” kata Handry seperti dikutip dari Marketeer.com.

Situasi bisnis yang sangat dinamis ini membuat para pelaku usaha harus memiliki karakter fleksibel dan adaptif. Apalagi, manusia saat ini sangat bergantung dengan teknologi.

Baca Juga: 5 Faktor Penting Membuat Brand Bertahan di Tengah Persaingan

Lebih jauh lagi, Handry menyebut dunia bisnis sedang memasuki era engagement. Era dimana kedekatan antara produk dan konsumen yang kuat akan sangat berdampak positif pada penjualan.

Perusahaan yang mampu beradaptasi dengan era engagement ini, disebutnya akan menikmati sukses. Contohnya adalah perusahaan seperti Apple. Ketika Apple ini mengeluarkan produk baru, maka banyak konsumen di Indonesia yang berusaha keras untuk membelinya.

Begitu juga, lanjut Handry menjelaskan, ketika Apple merilis produk seperti jam pintar atau earphone nirkabel. Padahal, konsumen belum tentu membutuhkan produk tersbeut.

“Saat ini kita bukan berada di era membuat produk terbaik dan produk itu terjual dengan sendirinya. Yang bisa engage dengan customer-lah yang menang,” kata Handry.

BANGKIT WISMO