BRALING.COM, PURBALINGGA – Calon Perseorangan sangat dimungkinkan ada dalam Pilkada Purbalingga tahun 2020 mendatang. Namun, pasangan Calon Perseorangan itu harus memenuhi beberapa syarat.

Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Purbalingga mengungkapkan bahwa persyaratan dukungan pasangan calon perseorangan dalam Pilkada 2020 sudah diatur dalam UU Nomor 10 Tahun 2016 tentang Pilkada.

Koordinator Divisi Hukum, Data dan Informasi Bawaslu Purbalingga, Joko Prabowo berkata, syarat jumlah minimal dukungan pasangan Calon Perseorangan Bupati dan Wakil Bupati Purbalingga yakni 7,5% dari total jumlah penduduk yang tercantum dalam Daftar Pemilih Tetap.

Purbalingga memiliki 752.211 pemilih di DPRT Pemilu 2019. “Artinya, jika ingin mencalonkan melalui jalur perseorangan harus mengantongi dukungan 7,5% Daftar Pemilih Tetap yakni 56.415 orang,” kata Joko.

Bahasan tentang Calon Perseorangan ini dibahas dalam Kajian Opini Bawaslu Purbalingga (Kopi Bangga) di Bawaslu Purbalingga, 7 Oktober 2019. Forum diskusi ini merupakan forum terbuka untuk umum.

Joko melanjutkan, syarat dukungan calon perseorangan tersebut harus diserahkan kepada KPU Kabupaten. Selanjutnya KPU akan cek jumlah minimal dukungan, persebaran maupun cek secara administratif.

Baca Juga: Menteri BUMN Minta Percepatan Pembangunan Bandara Soedirman di Purbalingga

Calon Perseorangan pada saat mendaftar juga wajib menyerahkan surat pencalonan yang ditandatanganinya, berkas dukungan dalam bentuk pernyataan dukungan yang dilampiri dengan identitas diri berupa fotokopi KTP Elektronik atau Surat keterangan tanda penduduk.

“Dokumen persyaratan administrasi sebagaimana yang diatur dalam Undang-Undang sehingga berdasarkan ketentuan tersebut wajib hukumnya menyerahkan fotokopi KTP-el kedalam berkas administrasi,” jelasnya.

Mengenai jadwal persyaratan jumlah dukungan calon perseorangan akan atur berdasarkan SE 1917/ PL.01.9.SD/06/KPU/IX/2019 penetapan jumlah minimum dukungan persyaratan dan persebaran pasangan calon perseorangan berdasarkan rekapitulasi DPT pemilu terakhir.

BANGKIT WISMO