BRALING.COM, PURBALINGGA – Bawaslu Purbalingga melantik 54 Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) se-Kabupaten Purbalingga untuk Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Purbalingga Tahun 2020 besok.

“Komposisi 54 anggota Panwascam dilihat dari prosentasenya yang baru ada 59 persen dan yang lama merupakan Panwascam Pemilu lalu sebanyak 41 persen, sedangkan untuk jumlah perempuan ada 10 orang dan 43 lai-laki,” kata Ketua Bawaslu Purbalingga, Imam Nurhakim.

Pelantikan dilaksanakan di Gedung Andrawina, Owabong Cottage, 23 Desember 2019. Panwascam terlantik merupakan hasil seleksi yang digelar melalui sejumlah tahapan.

Masa kerja Panwascam akan berakhirnya setelah tahapan Pilkada 2020 tuntas. Panwascam harus menjaga integritas dan mampu bekerja dengan mengedepankan profesionalitas, kredibilitas dan menjaga soliditas.

Panwascam tersebut langsung diberi pembekalan pengetahuan mengenai tugas, kewenangan dan kewajiban. Setelah proses pembekalan, Panwascam akan melaksanakan tugasnya terkait dengan penataan tata laksana organisasi.

“Penataan organisasi ini tentunya harus berkoordinasi dengan pihak kecamatan, terkait dengan tempat kemudian nantinya Panwascam nanti harus menyiapkan struktur organisasi karena nanti ada sekretariat Panwascam, ada juga Bendahara dan ada staf pendukung,” ujarnya.

Kini, Pilkada 2020 memasuki tahapan pencalonan perseorangan. Kemudian nanti pada bulan Februari akan dimulai tahapan pemutakhiran data pemilih. “Jadi bekerjanya Panwascam ini sesuai dengan tahapan Pilkada yang diatur oleh KPU,” jelas Imam.

“Panwascam harus memahami dan mencermati UU ASN dan Desa agar penyelenggaraan Pilkada 2020 bisa berjalan dengan lancar,” kata Imam menjelaskan.

Asisten Pemerintahan dan Kesra, Imam Wahyudi berharap penyelenggaraan Pilkada 2020 dapat berjalan dengan aman, tertib, damai dan demokratis.

“Semoga amanat ini bisa dijalankan dengan baik, penuh dedikasi dan menjaga integritas, profesionalitas dan berkualitas,” kata Imam Wahyudi ketika mewakili Bupati Purbalingga hadir dalam pelantikan itu.

“Setelah dilantik, kami berharap agar Panwascam dapat melakukan koordinasi dengan camat maupun unsur forkopimcam lainnya serta Kepala Desa dalam kaitannya kelancaran pelaksanaan tugas dan untuk persiapan rekrutmen petugas pengawas lapangan,” kata Imam.