BRALING.COM, PURBALINGGA – Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Purbalingga kembali melakukan perbaikan rumah keluarga tidak mampu di Kota Perwira.

Baznas Purbalingga memberikan bantuan perbaikan rumah kepada keluarga Sarman, Warga Desa Galuh, Kecamatan Bojongsari. Perbaikan rumah tersebut mulai dilakukan sejak Sabtu 21 Desember 2019.

Baznas Purbalingga melibatkan Pemerintah Kecamatan Bojongsari, Polsek Bojongsari, Koramil Bojongsari, Pemerintah Desa Galuh dalam melakukan perbaikan rumah Sarman tersebut.

“Perbaikan rumah ini kami juga melakukannya dengan melibatkan komunitas-komunitas sosial dan lembaga terkait,” kata Ketua Baznas Purbalingga, H Chumaedi, 21 Desember 2019. Komunitas itu di antaranya BFLS, Volunteer Pegiat Sosial Purbalingga, Bela Negara hingga ada Komunitas Purwokerto Undercover.

H Chumaedi menjelaskan, keterlibatan komunitas dan lembaga itu tidak hanya saat awal pembangunan. Namun, mereka akan bertugas bergilir hingga pembangunan rumah selesai.

“Jadi hari ini komunitas A, besok komunitas C, selanjutnya akan berbeda lagi,” jelas H Chumaedi. Bagi Baznas, kerjasama ini sangat baik bagi gerakan sosial mengentaskan keluarga dhuafa di Purbalingga dari kemiskinan.

Program perbaikan rumah tidak layak huni atau Remahtilani merupakan salah satu program andalan Baznas Purbalingga dalam mengatasi kemiskinan di Purbalingga. Lewat program ini, Baznas Purbalingga telah membantu perbaikan ribuan rumah di Kota Perwira.