BRALING.COM, PURBALINGGA – Pemerintah Kabupaten Purbalingga menggandeng Institut Teknologi Bandung (ITB) untuk merancang perencanaan pembangunan di Kota Perwira.

Kerjasama ini mencakup upaya peningkatan sumber daya manusia melalui sektor pendidikan dan penelitian. Terutama dalam perencanaan pembangunan dan pengabdian masyarakat dengan menggunakan dasar-dasar menejemen dan teknologi.

Memorandum of Understanding (MoU) Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi dan Wakil Rektor Bidang Riset, Inovasi dan Kemitraan, Bambang Riyanto Trilaksono dilaksanakan di Ruang Rapim A Gedung Rektorat ITB, 23 Desember 2019.

“Saat ini kita harus mulai menata. Purbalingga memiliki pemandangan alam di kaki Gunung Slamet yang luar biasa. Sementara ITB ini memiliki pusat perencanaan dan pengembangan kepariwisataan,” kata Bupati Tiwi

“Oleh karenanya kami harap ke depan Pemkab Purbalingga dibantu oleh civitas akademika ITB dalam rangka pengembangan wisata ini,” kata Bupati Tiwi menambahkan.

Bupati Tiwi juga ingin dibantu agar ada pengambangan sumber daya manusia (SDM) dalam hal disain dan arsitektur di Bandung yang bisa diaplikasikan ke Purbalingga.

Dengan adanya bandara juga diperlukan pengembangan kawasan ekonomi bisnis, karena dipastikan geliat ekonomi akan semakin terasa. Dari situ perencanaan wilayah dan tata kota Purbalingga ini harus dipersiapkan kembali.

“Kita percayakan ini kepada ITB sebagai perguruan tinggi yang sesuai dengan apa yang menjadi kebutuhan-kebutuhan Kabupaten Purbalingga,” kata Tiwi.

“Jadi kalau segala sesuatu diserahkan kepada ahlinya maka inshaallah akan memberikan kemaslahatan yang luas kepada masyarakat,” imbuh Tiwi dengan antusias.

Bambang Riyanto Trilaksono berkata, ITB siap membantu Pemkab Purbalingga. “Terimakasih atas kepercayaan yang diberikan kepada ITB, kami siap untuk melibatkan para pakar dan dosen yang ada,” katanya.

“Dalam hal perencanaa pembangunan kita memiliki Sekolah Arsitektur, Perencanaan dan PengembanganKebijakan (SAPPK). Para dosen di bidang itulah yang paling pas,” jelas Bambang.

“Selain itu kami juga punya pusat penelitian infrastruktur dan kewilayahan, jadi nanti SAPPK bisa kerjasama dan bersinergi dalam perencanan pembangunan di Purbalingga,” katanya, lagi.

ITB juga punya Pusat Penelitian Pariwisata yang telah melaksanakan berbagai studi kajian dan perencanaan kepariwisataan di berbagai wilayah di Indonesia.