BRALING.COM, PURBALINGGA – Polres Purbalingga menyiagakan 161.807 personel untuk mengamankan perayaan Natal 2019 sekaligus Tahun Baru 2020 di Kabupaten Purbalingga.

Waka Polres Purbalingga, Kompol Widodo Ponco Susanto mengungkapkan itu ketika membacakan sambutan Kapolri, Jendral Pol Idham Aziz di Gelar Siaga Operasi Candi Lilin, di Alun-alun, 19 Desember 2019.

Personel sejumlah tersebut bakal disebar di titik yang menjadi titik keramaian keramaian. Seperti tempat ibadah, bandara, pelabuhan, terminal dan tempat-tempat publik lainnya.

Kesiapsiagaan Polri harus disiapkan supaya seluruh anggota Polri mampu menjalankan tugas mengamankan perayaan natal dan tahun baru dengan baik.

“Gelar pasukan ini dimaksudkan agar para personel Polri bisa dan tahu tentang tugas yang dilakukan untuk memberikan rasa aman kepada masyarakat,” katanya.

Pengamanan tersebut mencakup ancaman criminal, tindak pidana terorisme, kemacetan dan kebakaran. Pengamanan ini fokus pada deteksi dini untuk mencegah munculnya gangguan keamanan di tengah masyarakat.

Anggota Polri, lanjut Kompol Widodo Ponco Susanto, juga diminta untuk berkoordinasi dengan stake holder terkait guna tercipta sinergitas yang baik di antara Polri dan pemangku kebijakan.

“Deteksi dini harus dilakukan agar gangguan keamanan tidak terjadi sehingga masyarakat bisa melakukan aktivitas dengan aman. Ciptakan sinergitas dengan melakukan koordinasi dengan stakeholder terkait,” imbuhnya.

Anggota Polri juga diminta melakukan pendekatan yang humanis kepada masyarakat agar masyarakat merasa dekat dengan Polisi. Junjung tinggi profesionalitas dalam bekerja agar tercipta pelayanan prima.