BRALING.COM, PURBALINGGA – Anggota Pramuka di Kabupaten Purbalingga diminta senantiasa ikhas, berkomitmen dan bersungguh-sungguh dalam mengamalkan Satya dan Dharma Pramuka.

“Sesungguhnya dengan Perkemahan Wirakarya Cabang kalian tengah berproses belajar sepanjang hayat, dengan bina diri, bina satuan dan bina masyarakat untuk mengamalkan Satya dan Dharma Pramuka,” kata Ketua Majelis Pembimbing Cabang (Kamabicab), Dyah Hayuning Pratiwi.

Tiwi mengungkapkan hal ketika membuka Perkemahan Wirakarya Cabang VI Kwartir Cabang (Kwarcab) Purbalingga Tahun 2019 di Lapangan Desa Karangsari, Kecamatan Kalimanah, 26 Desember 2019.

“Dengan disiplin yang tinggi dan menjunjung tinggi persatuan dan kesatuan maka tujuan dan sasaran perkemahan ini dapat tercapai,” imbuh Tiwi yang juga Bupati Purbalingga.

Perkemahan Wirakarya Cabang VI Kwarcab Purbalingga 2019 ini digelar hingga 30 Desember 2019. Yang mana diikuti 450 peserta Pramuka Penegak dan Pandega dari 23 pangkalan dan 3 satuan karya.

Ajang ini memiliki tujuan untuk memberikan wadah bagi pramuka penegak dan pandega dalam meningkatkan keterampilan, pengabdian kepada masyarakat dan prestasi.

“Kegiatan ini merupakan salah satu metode untuk menambah wawasan, keterampilan, dan kepedulian sosial yang selaras dengan kebutuhan generasi muda,” kata Ketua Sangga Kerja Galih Janu Wardaya.

Pembukaan PWC VI 2019 ditandai dengan penyematan tanda peserta dan aparat pemerintahan, penandatanganan prasasti monumen PWC 2019 dan adat Perwira Tanjung Kusuma. Serta penyerahan simbolis bantuan perpustakaan Desa Karangsari berupa 26 Rak Buku dan 300 buku.