BRALING.COM, PURBALINGGA – Kabupaten Purbalingga meraih penghargaan Keterbukaan Informasi Publik (KIP) Award 2019 pada kategori Badan Publik Pemerintah Kabupaten/Kota ‘Menuju Informatif’.

Komisi Informasi (KI) Provinsi Jawa Tengah memberikan penghargaan tersebut pada Malam Penganugerahan KIP Tahun 2019 di Grand Rama Shinta, Hotel Patra Jasa Semarang, 19 Desember 2019.

Kabupaten Purbalingga meraih nilai 82,56. Ini artinya ada peningkatan nilai. Pada tahun 2018, Purbalingga meraih kategori ‘Menuju Informatif’ dengan nilai 70,2.

Sebagai informasi, Penganugerahan KIP Award tersebut merupakan agenda rutin KI Provinsi Jawa Tengah, guna memetakan penerapan kebijakan Keterbukaan Informasi Publik.

“Mereka ingin melihat tata kelola keterbukaan informasi publik yang tercermin dari berbagai kategori penghargaan,” kata Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Dinkominfo) Purbalingga, Yonathan Eko Nugroho.

Yonathan menyebutkan bahwa penganugrahan KIP Award kata kuncinya yakni komitmen, semangat bagaimana membangun keterbukaan informasi publik. Karena masyarakat juga membutuhkan informasi publik.

“Perolehan penghargaan yang diterima Kabupaten Purbalingga ini tentu terbangun karena kerjasama antar OPD yang ada di wilayah Kabupaten Purbalingga,” ujarnya.

Pemkab Purbalingga berkomitmen meningkatkan keterbukaan informasi publik agar masyarakat luas dapat mengakses dengan mudah. Pelayanan informasi publik juga terus ditingkatkan salah satunya dengan adanya sekretariat PPID Utama yang berada di Dinkominfo Purbalingga.

“Sekretariat PPID Utama ini memudahkan masyarakat ketika membutuhkan informasi publik, kami juga menyediakan informasi publik yang dapat diakses melalui website ppid.purbalinggakab.go.id,” jelas Yonathan.