BRALING.COM, PURBALINGGA – Bambang Irawan menjabat Ketua Umum Karangtaruna (KT) Kabupaten Purbalingga Periode 2019-2024. Ini kali kedua Ketua DPRD Purbalingga itu menjadi ketua.

Politisi PDIP Purbalingga ini terpilih secara aklamasi ketika acara Temu Karya KT Kabupaten Purbalingga yang digelar di Aula Dinsosdalduk KB P3A Purbalingga, 25 Desember 2019.

Pimpinan Sidang Pleno, Andi Pranowo berkata, pemilihan dilakukan secara musyawarah oleh seluruh pimpinan KT kecamatan se-Kabupaten Purbalingga dan perwakilan pengurus lama.

“Kami menjunjung tinggi demokrasi. Musyawarah. Soal aklamasi itu hasil akhir,” katanya. Dalam kesempatan itu juga dipaparkan laporan pertanggungjawaban pengurus periode 2014-2019 oleh Bendahara Umum Sukandar.

Ketua KT Kabupaten Purbalingga, Bambang Irawan menyebutkan bahwa terpilihnya kembali dirinya sebagai amanat yang cukup berat sekaligus menjadi ujian.

“Dari awal saya mengajak anggota lain untuk maju sebagai ketua. Namun ternyata kawan-kawan memilih saya kembali secara aklamasi. Terima kasih untuk semua,” kata Bambang Irawan.

“Saya pastikan sangat loyal dan bangga di Karangtaruna. Saya ingin Karangtaruna menjadi organisasi yang kuat. Ingin para pemimpin yang lahir dari Karangtaruna,” tegasnya.

Selama lima tahun ke depan, Bambang Irawan ingin organisasi ini mengurangi kegiatan yang bersifat seremonial. Dia juga akan mengusahakan setiap dana hibah dari Pemkab ke Karangtaruna, terutama untuk sektor ekonomi kreatif.

“Sehingga anggota Karangtaruna lebih memiliki keahlian dan kemampuan dalam hal pemberdayaan guna meningkatkan ekonomi,” kata Bambang Irawan.

Agenda terdekat, Karangtaruna Kabupaten Purbalingga akan menginventarisasi anggota karangtaruna hingga ke tingkat desa yang memiliki usaha ekonomi kreatif.

Pelaku usaha itu akan diberdayakan untuk melatih anggota yang lain. Adapun hasilnya akan dipamerkan dalam gelar produk UMKM karangtaruna bersamaan jambore karangtaruna pada Februari 2020.