BRALING.COM, PURBALINGGA – Distribusi bantuan biaya pendidikan Anak Usia Sekolah Tidak Sekolah (AUSTS) kepada 320 siswa SD & SMP di Kabupaten Purbalingga sudah dilakukan.

Penerima bantuan AUSTS yang disalurkan melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Purbalingga di Kecamatan Karangmoncol mencapai 255 anak sedangkan di Kecamatan kertanegara ada 65 penerima.

Sekretaris Kecamatan Karangmoncol, Sapto Suhardiyo berkata, bantuan pendidikan AUSTS tersebut diharapkan mampu mengentaskan anak usia sekolah tidak sekolah agar mau sekolah.

Dengan begitu, penerima bantuan pendidikan ini dapat mengenyam pendidikan hingga ke jenjang pendidikan tinggi. “Yang nantinya bisa meningkatkan taraf hidup keluarganya,” kata Sapto, beberapa waktu lalu.

Besaran bantuan pendidikan AUSTS berbeda-beda. Yakni mulai dari Rp 500 ribu hingga Rp 1,5 juta. “Bantuan tersebut nantinya dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan dan peralatan sekolah,” ujarnya.

Faiq, siswa MI NU Tamansari 1 yang menerima bantuan pendidikan AUSTS itu mengaku senang dengan bantuan tersebut. “Uangnya yang diterima ini nanti mau dibelikan peralatan sekolah seperti buku, tas dan sepatu,” kata Faiq.