BRALING.COM, PURBALINGGA – Bencana alam berupa tanah longsor terjadi di Dusun Kepyar Desa Ponjen Kecamatan Karanganyar, 5 Januari 2010 sore. Akibat kejadian ini, akses satu-satunya ke Dusun Kepyar pun terputus.

PMI Purbalingga langsung mengirim relawan terdekat dengan lokasi untuk melakukan assessment awal. Yang kemudian dilanjutkan dengan mengirimkan personel serta perlengkapan berupa pemotong kayu.

“Penanganan utamanya untuk menangani dua pohon kelapa yang tumbang dan kerusakan jaringan listrik yang berbahaya bagi warga,” kata Sekretaris PMI Purbalingga, M Ichwan.

Penanganan pasca bencana dilakukan personel PMI Purbalingga bersama warga, anggota TNI dan Polri
. “Akibat kejadian ini, jalan satu-satunya ke Dusun Kepyar tidak bisa dilalu, sehingga 187 jiwa terisolir
,” kata Ichwan.

Dari informasi yang dihimpun PMI Purbalingga, kronologi kejadiannya yakni sudah ada retakan tanah pada
Desember 2019 kemarin. Retakan ini ditangani warga dengan pemasangan bronjong pengaman. Dari enam lapis yang direncakanan, baru terselesaikan empat lapis.

Kemudian, pada 5 Januari 2020 hujan lebat dan mengakibatkan retakan tersebut melebar sehingga bronjong tidak bisa menahan pergerakan tanah. Alhasil ruas jalan pun tak bisa dilalui.

“Kami berharap warga untuk tetap berhati-hati karena sangat mungkin terjadi longsor susulan.,” kata M Ichwan kepada Braling.com.