BRALING.COM, PURBALINGGA – Pengurus Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Purbalingga Periode 2020-2023 mengedepankan visi kolaborasi dan sinergi. KNPI berkomitmen hadir di tengah-tengah pemuda Kota Perwira.

“Kami sadar permasalahan KNPI tidaklah sederhana, ibarat pemerintah harus hadir di tengah masyarakat, KNPI dituntut untuk mampu hadir di tengah-tengah pemuda,” kata Ketua KNPI Purbalingga, Dhimas Agung Ramadhan.

KNPI Purbalingga periode 2020-2023 resmi dilantik 8 Februari 2020 di Pendopo Dipokusumo Purbalingga. Pelantikan dihadiri pengurus lama dan terlantik, perwakilan organisasi kepemudaan hingga Forkominda.

KNPI Purbalingga berniat menghilangkan sekat kompetisi dan mengutamakan kolaborasi. “Maka dari itu kami berharap agar seluruh stake holder bersedia membantu kami dalam mewujudkan tujuan KNPI ke depan,” kata Dhimas.

Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi meminta pemuda lebih aktif dalam pembangunan Purbalingga. Pemuda harus menjadi subjek pembangunan yang membawa kemajuan suatu daerah.

Bupati Tiwi meminta pengurus KNPI Purbalingga agar menjadi cerminan pemuda yang dapat memberikan contoh perilaku baik atau positive influencer kepada masyarakat.

“Kita juga dihadapkan pada masalah degradasi moral, banyak pemuda sekarang terjerumus pergaulan bebas, penyalahgunaan narkoba, dan paham radikal,” kata Tiwi.

“Pemuda Purbalingga diharapkan lebih peka terhadap permasalahan tersebut dan berkontribusi memberikan usulan serta ide segarnya untuk menemukan solusi terbaik,” imbuh Tiwi.

Sekjen DPD KNPI Jawa Tengah, Mustafid mengingatkan kalau pengurus KNPI jangan hanya berorientasi politik. Namun harus lebih fokus untuk garap program kewirausahaan.

“Ke depan program-program kewirausahaan akan lebih ditekankan. Selamat dan sukses ketua dan pengurus KNPI yang baru. Semoga dapat mengemban amanah dengan baik,” kata Mustafid.