BRALING.COM, PURBALINGGA – Berdiam diri di rumah saja karena bekerja maupun belajar di rumah tentu saja membosankan, terutama bagi orang yang biasa beraktivitas di luar rumah. Daripada sekedar rebahan, olahraga bisa menjadi salah satu kegiatan untuk mengusir kebosanan sekaligus menjaga kesehatan.

Olahraga bisa membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh sekaligus menjauhkan diri dari ancaman paparan virus corona. Namun, melakukan olahraga di gym bukan pilihan bijak. Dalam kondisi seperti ini, olahraga di rumah menjadi pilihannya.

Banyak jenis olahraga yang praktis dan ringan untuk dilakukan di rumah. Berikut ini beberapa aktivitas olahraga yang bisa dilakukan di rumah dengan mudah dan tanpa alat khusus.

  • Jalan-jalan

Kendati terkesan biasa saja, berjalan-jalan di lingkungan rumah menjadi salah satu jenis olahraga yang sangat membantu menjaga kebugaran tubuh. Jenis olahraga ringan dan praktis ini bahkan bisa dilakukan bersama dengan aktivitas beberes rumah.

  • Lompat tali

Ini juga menjadi jenis olahraga yang praktis dilakukan namun dampaknya sangat bagus bagi tubuh. Cukup lakukan lompatan menggunakan tali dalam durasi 5-10 menit, akan banyak lemak yang terbakar. Aktivitas olahraga ini juga bisa dilakukan sambil mendengarkan musik atau nonton tv.

  • Naik dan turun tangga

Lakukan naik dan turun tangga dalam waktu 5-10 menit, maka akan sangat terasa rileksasi otot kaki dan kebugaran jantung akan terjaga. Aktivitas ini sebenarnya sudah biasa dilakukan, namun selama ini tidak dalam intensitas yang tinggi.

  • Gerakan yoga

Gerakan yoga tidak terlalu sulit dilakukan, untuk pemula sekalipun. Ada banyak video di Youtube yang mengajarkan berbagai gerakan yoga yang mudah dilakukan di rumah. Olahraga yoga tidak hanya terbukti menjaga kebugaran tubuh melainkan juga menenangkan pikiran.

  • Push Up & Sit Up

Jenis olahraga ini sudah umum dilakukan di dalam rumah. Gerakannya juga tidak susah namun sangat membantu untuk membakar lemak serta melatih otot-otot tubuh.

  • Gerakan Senam

Sekarang ini, senam banyak sekali jenisnya. Mulai dari aerobik hingga zumba. Seperti halnya yoga, gerakan-gerakan senam yang mudah dan menyenangkan sangat gampang ditemukan di Youtube. Tinggal tiru gerakannya maka kalori akan terbakar dengan baik.

  • Hulla hoop

Hulla hoop menjadi aktivitas olahraga di rumah yang cukup menyenangkan dan simple. Goyang dan putar perut dengan menggunakan hulla hoop, agar membakar lemak yang menumpuk di perut.

Bekerja dan belajar dari rumah serta tidak melakukan aktivitas di luar rumah tidak hanya bisa diisi dengan kegiatan rebahan ataupun menggemukkan diri. Olahraga di rumah akan membantu menghilangkan kebosanan sekaligus melatih otot, membakar lemak dan tentu saja memicu imun tubuh lebih kuat.